RECANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
SD 5 Kuningan
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/Semester :
V/I
Alokasi Waktu :
2 x 35 Menit
Hari, Tanggal :
Kamis, 24 November 2016
A.
STANDAR KOMPETENSI
4. Menghitung volume
kubus dan balok dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
B.
KOMPETENSI DASAR
4.2 Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan volume kubus dan balok
C.
INDIKATOR
· Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan volume kubus
· Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan volume balok
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Melalui
penjelasan rumus volume kubus dan balok siswa dapat mengetahui rumus volume
kubus dan balok dengan benar
2. Melalui
tanya jawab siswa dapat menentukan volume benda di yang berbentuk kubus
berdasarkan sisi-sisinya dengan tepat
3. Melalui
demonstrasi siswa dapat Menentukan volume benda kardus yang berbentuk balok
dengan mengukur panjang, lebar, dan tinggi kardus dengan tepat
4. Melalui
diskusi siswa dapat membuat soal sendiri dan menjawab soal dengan benar
5. Melalui
penugasan siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan volume
balok dan kubus dengan benar
Karakter
siswa yang diharapkan :
·
Berani
·
Teliti
·
Tanggung jawab
E.
MATERI PEMBELAJARAN
Pengukuran
(volume kubus dan balok)
F.
METODE PEMBELAJARAN
Model :
TGT (Tames Games Turnamen)
Metode : -
Ceramah,
- Tanya
jawab
- Diskusi
- Demonstrasi
- Penugasan
G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal
·
Guru masuk ke kelas dan mengucapkan salam.
·
Guru meminta ketua kelas untuk memimpin doa.
·
Guru melakukan pengabsenan.
·
Guru mengondisikan siswa dan memotivasi siswa
menuju kearah belajar
·
Guru melakukan apersepsi berupa tanya jawab
mengenai alat peraga yang di bawa
·
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
·
Guru menjelaskan rumus volume kubus dan balok
·
Siswa dan guru melakukan
tanya jawab tentang menentukan volume benda yang
berbentuk kubus
·
Guru meminta perwakilan satu orang siswa
ke depan
·
Siswa diminta untuk mengukur panjang,
lebar, dan tinggi kardus dengan menggunakan penggaris dan
menghitung volumenya
·
Guru membagi siswa kedalam 4-5 kelompok
secara heterogen
·
Siswa diminta untuk membuat soal sendiri
dan
jawabannya yang berkaitan dengan volume kubus dan balok
·
Guru meminta perwakilan satu orang
kelompok kedepan kelas
·
Siswa diminta untuk menukar soal dengan kelompok
yang berbeda
·
Siswa di minta kembali ke kelompoknya
dan mengerjakan soal yang diberikan temannya
·
Siswa yang pertama selesai mengerjakannya
diminta untuk menuliskan jawabannya di papan tulis
·
Bila jawabannya benar siswa diberikan bintang
·
Kelompok yang mempunyai banyak bintang dari kelompok yang lain guru memberikan reward kepada kelompok yang mempunyai banyak bintang
Kegiatan Penutup
·
Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan
pembelajaran yang telah dilakukan
·
Siswa mengerjakan soal evaluasi yang dibagikan
guru
·
Guru memberikan repleksi materi pembelajaran
·
Guru memberikan penguatan kepada siswa tentang
materi yang dipelajari
·
Guru
mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan salam.
I. SUMBER/MEDIA
1.
Media
3
dimensi
2.
Sumber
Buku : Matematika
kelas : V
SD/MI
karangan
: Nur
Akhsan dan Heny Kusumawati
halaman : 107-112
J.
Penilaian
1.
Prosedur
penilaian
a.
Postest/test
Akhir
2.
Jenis test
a.
Tertulis
3.
Bentuk test
a.
Isian
b.
PG
Aspek yang dinilai
·
Aspek kognitif
Komponen yang dinilai meliputi
kemampuan menjawab soal pada saat test.
·
Aspek afektif (sikap)
Komponen yang dinilai meliputi percaya diri, ketelitian dan
tanggung jawab. Penilaian dilakukan saat siswa
melakukan kegiatan diskusi.
·
Aspek psikomotorik
Komponen yang
dinilai meliputi keaktifan siswa. Penilaian ini
dilakukan saat siswa melakukan kegiatan pembelajaran.
BAHAN
AJAR
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V/I
Setandar Kopetensi : 4. Menghitung volume kubus dan balok dan
menggunakannya dalam pemecahan masalah
Kopetensi Dasar : 4.2 Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan volume kubus dan balok
VOLUME KUBUS DAN BALOK
1. Kubus
Sifat-sifat
dari kubus adalah:
·
Memiliki
enam buah sisi dengan ukuran dan bentuk yang sama persis.
·
Memiliki
12 buah rusuk yang sama.
·
Memiliki
delapan buah sudut yang besarnya sama ()
Rumus Kubus
Dengan s = rusuk kubu
2. Balok
Sifat-sifat
dari balok adalah:
·
Memiliki
empat buah sisi dengan bentuk persegi panjang
·
Memiliki
dua buah sisi yang sama.
·
Memiliki empat buah rusuk yang sama.
Rumus Balok
Dengan
P = Panjang, L = Lebar, T = Tinggi
LEMBAR KERJA SISWA
Mata Pelajaran :
MATEMATIKA
Kelas / Semester : V / I
Nama Kelompok :
Anggota :
Buatlah pertanyaan tentang volume balok dan
kubus di bawah ini!
KISI-KISI
SOAL
Standar
Kompetensi : 4. Menghitung volume kubus dan balok dan
menggunakannya dalam pemecahan masalah
Kelas : V
Tanggal :
24 November 2016
KD
|
Indikator
|
Materi
|
Bentuk soal
|
Ranah Kognitif
|
No soal
|
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume kubus dan
balok
|
·
Disajikan dalam bentuk pg siswa dapat
menghitung volume kolam ikan berbentuk persegi panjang
·
Disajikan dalam bentuk pg siswa dapat
menghitung volume tempat kapur berbetuk kubus
·
Disajikan dalam bentuk esai siswa dapat menghitung
volume kolam renang persegi panjang
·
Disajikan dalam bentuk esai siswa dapat
menghitung volume kado berbentuk kubus
·
Disajikan dalam bentuk esai siswa dapat
menghitung volume akuarium berbentuk persegi panjang
|
Pengyukuran (volume
kubus dan balok)
|
PG
PG
Isian
Isian
Isian
|
C3
C3
C3
C3
C3
|
1
2
3
4
5
|
SOAL
EVALUASI
Mata
Pelajaran : IPA
Kalas : IV
Nama :
A. Pilihlah satu jawaban yang benar!
1. Sebuah kolam ikan dengan panjang 7
meter, lebar 6 meter, dana kedalamannya 3 cm. berapa volume kolam tersebut?
a. 127 c. 250
b. 126 d.
123
2.
Sebuah tempat kapur berbentuk kubus dengan
panjang 12 cm. Berapa volume tempat kapur tersebut?
a. 1,725
c. 1,728
b. 1,827
d. 1,58
B.
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar
3.
Sebuah kolam renang mempunyai panjang 10m,
lebar 8m, dan kedalaman 4m. berapa volume kolam tersebut?
4. Ani membawa kado ulang tahun untuk
Winda. Kado tersebut berbentuk kubus. Panjang sisi kado tersebut adalah 15 cm.
Hitunglah volume kado tersebut.
5. Akuarium dirumah Risna berbentuk
balok. Panjang 60 cm, lebar 40 cm, dan tinggi 50 cm. berapa cm volume akuarium
tersebut ?
JAWABAN
EVALUASI
1. p = 7 m
l = 6 m
t = 3 m
V = p x l x t
V = 7 x 6 x 3
V = 126
Jadi, volume kolam ikan tersebut
adalah 126 (B)
2. S = 12
V = s x s x s
V = 12 x 12 x 12
V = cm.
Jadi, volume sebuah kubus adalah
1,728 cm. (C)
3. p = 60 m
l = 40 m
t = 50 m
V = p x l x t
V = 10 x 8 x 4
V = 320
Jadi, kolam renang tersebut adalah
320
4. S = 15
V = s x s x s
V = 15 x 15 x 15
V = cm.
Jadi, volume sebuah wadah tersebut
adalah 3,375 cm
5. p = 60 cm
l = 40 cm
t = 50 cm
V = p x l x t
V = 60 x 40 x 50
V = 120.000
Jadi, kolam renang tersebut adalah
120.000 cm.
PEDOMAN
PENSKORAN
Kelas/Semester : V/I
No
|
Deskripsi
|
Skor
|
1
|
Apabila
jawaban benar
|
20
|
2
|
Apabila
jawaban benar
|
20
|
3
|
Apabila
jawaban benar
|
20
|
4
|
Apabila
jawaban benar
|
20
|
5
|
Apabila
jawaban benar
|
20
|
|
Jumlah
|
100
|
No
|
Aspek
|
Dekripsi
|
Skor
|
Keterangan
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
|
|||
1.
|
Afektif
|
Percaya Diri
|
|
|
|
|
|
Ketelitian
|
|
|
|
|
|
||
Kerberanian
|
|
|
|
|
|
||
2.
|
Psikomotorik
|
Aktif dalam kegiatan pembelajaran
|
|
|
|
|
|
Aktif dalam berdiskusi
|
|
|
|
|
|
NLAI
AKHIR = x 100
Kuningan, 29 Oktober 2016
Mengetahui, Mahasiswa
Guru Pamong PPL
Karwati,S.Pd
Eki Permana
NIP.196305051986102001 NIM.2013151051
Tidak ada komentar:
Posting Komentar