RECANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
SD 5 Kuningan
Mata Pelajaran :
IPA
Kelas/Semester :
V/I
Alokasi Waktu :
2 x 35 Menit
Hari, Tanggal :
Senin, 29 oktober 2016
A.
STANDAR KOMPETENSI
4.
Memahami hubungan antara sifat bahan dengan penyusuna dan perubahan sifat
sebagai hasil suatu proses
B.
KOMPETENSI DASAR
4.1
Mendeskripsikan hubungan antara sifat bahan dengan bahan penyusunan misalnya
benang, kain, dan kertas
C.
INDIKATOR
· Menyebutkan
macam-macam serat yang berasal dari tumbuhan dan hewan dengan cermat
· Menjelaskan
perbedaan sifat serat yang berasal dari tumbuhan dengan sifat serat yang
berasal dari hewan dengan teliti
· Menentukan
penyusunan serat berasal dari tumbuhan dan hewan dengan berani
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Melalui tanya jawab siswa dapat menyebutkan contoh-conoh
serat : serat linen/flax, serat kapas, serat jute, serat rami, serat wol, dan
serat sutera
2.
Melalui penjelasan siswa dapat membedakan sifat serat :
serat linen/flax, serat kapas, serat jute, serat rami, serat wol, dan serat
sutera
3.
Melalui diskusi siswa dapat menjelaskan nama tumbuhan
dan hewan yang menghasilkan serat
Karakter
siswa yang diharapkan :
·
Cermat
·
Teliti
·
Tanggung jawab
E.
MATERI PEMBELAJARAN
Sifat
Bahan Penyusun Benda
F.
METODE PEMBELAJARAN
Metode : - Ceramah,
- Tanya
jawab
- Diskusi
- Penugasan
G.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
Awal
·
Guru masuk ke kelas dan mengucapkan salam.
·
Guru meminta ketua kelas untuk memimpin doa.
·
Guru melakukan pengabsenan.
·
Guru mengondisikan siswa dan memotivasi siswa
menuju kearah belajar
·
Guru melakukan apersepsi berupa Tanya jawab
tentag materi yang telah dibahas untuk mengaitkan materi yang lalu dengan
materi yang akan disampaikan
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegiatan
Inti
·
Siswa dan guru
melakukan
tanya jawab mengenai macam-macam serat yang berasal dari tumbuhan dan hewan
·
Guru menjelaskan perbedaan
sifat serat yang berasal dari tumbuhan dengan sifat serat yang berasal dari
hewan
·
Guru membagi
siswa 4 kelompok secara heterogen
·
Guru menyampaikan penjelasan mengenai hal yang
harus dilakukan oleh setiap kelompok
·
Siswa diberikan waktu untuk mendiskusikan menentukan
penyusunan serat berasal dari tumbuhan dan hewan
·
Guru meminta perwakilan kelompok satu orang
mempersentasikan diskusinya di depan kelas
·
Siswa bersama guru memberikan penghargaan
kepada setiap kelompok yang maju kedepan dengan bertepuk tangan
Kegiatan
Penutup
- Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan pembelajaran yang telah dilakukan
- Siswa mengerjakan soal evaluasi yang dibagikan guru
- Guru memberikan penguatan kepada siswa tentang materi yang dipelajari
- Guru meminta ketua kelas untuk memimpin doa pulang
- Guru mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan salam.
I.
SUMBER/ALAT PERAGA
1.
Alat Peraga
Gambar
serat linen/flax, serat kapas, serat jute, serat rami, serat wol, dan
serat sutera
2.
Sumber
· Buku
IPA kelas V SD. Diterbitkan oleh penerbit Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan
Nasional. Disusun oleh S. Rositawaty dan Aris Muharam
J.
Penilaian
Prosedur penilaian
a. Tes akhir
Jenis test
a. tertulis
Bentuk test
a. Isian singkat
BAHAN
AJAR
Mata Pelajaran :
IPA
Kelas/Semester : V/I
Setandar Kopetensi : 4. Memahami
hubungan antara sifat bahan dengan penyusuna dan perubahan sifat sebagai hasil
suatu proses
Kopetensi Dasar : 4.1
Mendeskripsikan hubungan antara sifat bahan dengan bahan penyusunan misalnya
benang, kain, dan kertas
Jenis Kain Berdasarkan Jenis Serat
Serat alam,
berasal dari bahan bahan alam yaitu tumbuhan dan hewan. Serat hewan umumnya
berasal dari bulu hewan, sedangkan serat tumbuhan umumnya berasal dari bagian
tanaman, misalnya kulit kayu, pelepah, akar, daun. Serat alam memang lebih
sulit diproduksi di bandingkan dengan serat buatan, tapi dengan keunggulan
serat alam yaitu lebih dingin dan nyaman digunakan sehingga membuat harganya
lebih mahal dibanding dengan serat buatan.
a. Jenis kain yang termasuk
dalam serat tumbuhan antara lain ;
Serat Linen/Flax
Yaitu serat
dari sejenis alang-alang. Linen adalah jenis kain yang pertama kali dibuat oleh
manusia mulai zaman prasejarah 500-1000SM. Jenis kain linen cenderung kaku dan
tebal dan sering digunakan sebagai kain sprei, serbet, tirai, terpal. Bahan
kain ini digunakan pada zaman Mesir Kuno untuk membungkus mumi karena dianggap
sebagai lambang kesucian dan cahaya. Saat ini penggunaan bahan linen sering
digantikan dengan jenis kain bahan katun karena lebih mudah didapatkan.
Serat Kapas
Berasal dari
tanaman kapas, dan lebih dikenal dengan nama jenis kain katun. Jenis kain katun
lebih mudah didapat dan harganya terjangkau,seratnya nyaman dan bisa dipakai
disemua kalangan masyarakat. Serat kapas sangat penting di industri tekstil
karena bahan nya mudah didapat, sangat kuat. Sifat kapas yg kurang kenyal yang
menyebabkan kapas mudah kusut. Kapas itu dipintal dan kemudian manjadi
benang,akhirnya ditenun menjadi kain. industri tekstil banyak mengandalkan
kapas menjadi bahan utama.
Serat Jute
Serat jute
berasal dari afrika dan telah digunakan sejak jaman mesir. Penanaman jute
berkembang ke asia terutama ke India dan Pakistan. Serat jute berasal dari
kulit batang tanaman Corchoruscapsularis dan Corchorusolitorius. Ciri fisik
dari serat jute adalah memiliki kekuatan serta berkilau sedangkan permukaannya
terasa kasar. Jute dapat ditanam didaerah tropis maupun subtropis dengan kondisi
cuaca yang hangat dan lembab kadang tumbuh baik dipinggiran sungai. Serat jute
biasa digunakan untuk pelapis permadani dan pembuatan karung.
Serat Rami
Serat rami
diperoleh dari batang tanaman boehmeria nivea. Rami berkembang di Indonesia
sudah sejak masa penjajahan belanda. Serat rami juga telah digunakan sebagai
pembukngkus mumi dari 5000 tahun SM. Dijepang serat tami digunakan sebagai
bahan pembuat kimono. Serat rami tahan bakteri maupun jamu. Ciri fisik serat
rami adalah warnanya yang putih dan berkilau serta tidak mudah berubah warna.
Serat rami sangat digemari oleh perancang karena teksturnya yang nyaman dan
baik digunakan untuk busana apapun
b. Jenis kain yang termasuk
dalam serat hewan antara lain ;
Serat Wol
Serat wol
berasal dari bulu – bulu binatang seperti domba atau biri – biri. Serat ini
biasa digunakan untuk pembuatan baju hangat karena sifatnya yang dapat
menghangatkan karena serat wol memiliki daya kelenturan yang tinggi. Serat wol
dapat merenggang 35% dari panjang asalnya. Penggunan serat wol telah dilakukan
sejak jaman perunggu (2500-3000 SM). serat wol bersisik dan keriting. Wol
mengandung protein dan juga belerang. Serat wol banyak digunakan ditempat yang
dingin. Serat wol dapat menyerap uap air dengan baik serta tidak mudah kusut
tetapi serat wol mudah terserang ngengat.
Serat Sutera
Serat sutera
berasal dari air liur ulat sutera saat menjadi kepompong. Jenis kain sutera
memiliki daya jual yang tinggi, karena memiliki kilau dan kehalusan yang tidak
dimiliki serat lain. Kekuatan serat suterapun baik namun dalam keadaan basah
kekuatan serat sutera berkurang 15%. Serat sutera memiliki ciri – ciri fisik
licin, berkilau, lembut, kenyal, kuat dan dapat menyesuaikan diri dengan
temperatur udara yang ada. Jika dijadikan sebuah pakaian, serat sutera akan
terasa dingin dan dapat menyerap keringat dengan baik. Namun serat sutera dapat
berubah warna menjadi kuning jika terlalu banyak terpapar cahaya matahari.
Serat sutera juga tidak tahan panas dan asam namun tahan terhadap ngengat.
LEMBAR KERJA SISWA
Mata Pelajaran :
IPA
Kelas / Semester : V / I
Nama Kelompok :
Anggota :
1. Isilah table dibawah ini
No
|
ASAL SERAT
|
|||
Nama Tumbuhan
|
Sifatnya
|
Nama Hewan
|
Sifatnya
|
|
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
2. Tulis
dua penyusunan serat tumbuhan
·
………..
·
………..
3.
Tulislah dua penyusunan serat hewan
a. ………
b. ……...
KISI-KISI
SOAL
Standar
Kompetensi : 4. Memahami hubungan antara sifat bahan dengan
penyusuna dan perubahan sifat sebagai hasil suatu proses
Kelas : V
Tanggal :
29 Oktober 2016
KD
|
Indikator
|
Materi
|
Bentuk soal
|
Ranah
|
No soal
|
4.1 Mendeskripsikan
hubungan antara sifat bahan dengan bahan penyusunan misalnya benang, kain,
dan kertas
|
·
Disajikan dalam bentuk esai siswa dapat
menyebutkan contoh serat hewan
·
Disajikan dalam bentuk esai siswa dapat
menjelaskan sifat-sifat serat wol
·
Disajikan dalam bentuk esai siswa dapat
menyebutkan kegunaan serat linen
|
Sipat Bahan Penyusun
Benda
|
Isian
|
C1
C2
C3
|
1-5
|
SOAL
EVALUASI
Mata
Pelajaran : IPA
Kalas : IV
Nama :
Jawablah pertanyaan dibawah ini!
1. Sebutkan
2 contoh serat yang berasal dari hewan?
2. Jelaskan
sifat-sifat serat wol?
3. Apa
kegunaan dari serat linen?
JAWABAN
EVALUASI
1. Serat
yang terbuat dari hewan :
·
Serat woll
·
Serat sutra
2. Dapat menghangatkan karena serat wol
memiliki daya kelenturan yang tinggi. Serat wol bersisik dan keriting. Wol
mengandung protein dan juga belerang. Serat wol dapat menyerap uap air dengan
baik serta tidak mudah kusut tetapi serat wol mudah terserang ngengat
3. Jenis
kain linen cenderung kaku dan tebal dan sering digunakan sebagai kain sprei,
serbet, tirai, terpal.
PEDOMAN PENSKORAN
Kelas/Semester : V/I
No
|
Deskripsi
|
Skor
|
1
|
Apabila
jawaban benar
|
30
|
2
|
Apabila
jawaban benar
|
40
|
3
|
Apabila
jawaban benar
|
30
|
|
Jumlah
|
100
|
NLAI
AKHIR = x 100
Kuningan, 29 Oktober 2016
Mengetahui, Mahasiswa
Guru Pamong PPL
Karwati,S.Pd
Eki Permana
NIP.196305051986102001 NIM.2013151051
Tidak ada komentar:
Posting Komentar