Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama Sekolah : SDN 5 Kuningan
Mata Pelajaran : IPA
Kelas / Semester : IV / I
Alokasi Waktu : 2 x 35 Menit
Hari, Tanggal : Kamis, 13 Oktober 2016
A.
Standak
Kompetensi
4.
Memahami daur hidup berbagai jenis makhluk hidup
B.
Kompetensi
Dasar
4.1
Mendeskripsikan daur hidup beberapa hewan dilingkungan sekitar misalnya kecoa,
nyamuk, kupu-kupu, dan kucing
C.
Indikator
·
Mengetahui daur hidup beberapa hewan
dilingkungan sekitar misalnya kecoa, nyamuk, kupu-kupu, dan kucing
·
Menyebutkan daur hidup beberapa hewan
dilingkungan sekitar misalnya kecoa, nyamuk, kupu-kupu, dan kucing
·
Menyusun daur hidup beberapa hewan
dilingkungan sekitar misalnya kecoa, nyamuk, kupu-kupu, dan kucing
D. Tujuan
·
Melalui kegiatan tanya jawab siswa dapat
mengetahui daur hidup beberapa hewan dilingkungan sekitar misalnya kecoa,
nyamuk, kupu-kupu, dan kucing
·
Melalui kegiatan diskusi siswa dapat menyebutkan
proses daur hidup beberapa hewan dilingkungan sekitar misalnya kecoa, nyamuk,
kupu-kupu, dan kucing
·
Melalui diskusi dan tanya jawab siswa
dapat menyusun daur hidup beberapa hewan dilingkungan sekitar misalnya kecoa,
nyamuk, kupu-kupu, dan kucing
E. Materi
Daur hidup beberapa hewan
dilingkungan sekitar misalnya kecoa, nyamuk, kupu-kupu, dan kucing
F.
Metode
Pembelajaran
Model : Contekstual Teaching Learning (CTL)
Model : - Tanya
jawab
-
Diskusi
-
Ceramah
-
Penugasan
G.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Kegiantan
Awal ( 10 Menit )
- Guru
masuk ke kelas dan mengucapkan salam.
- Guru
meminta ketua kelas untuk memimpin doa.
- Guru
melakukan pengabsenan
- Guru
mengondisikan siswa dan memotivasi siswa menuju kearah belajar.
- Guru
melakukan apersepsi berupa tanya jawab tentang materi yang telah yang diajarkan
untuk mengaitkan materi yang lalu dengan materi yang akan disampaikan.
- Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegiatan
Inti (50 Menit )
- Siswa
dan guru melakukan tanya jawab untuk mengetahui pengetahuan awal siswa tentang
materi yang akan disampaikan
- Guru
menjelaskan secara singkat materi pembelajaran tentang daur hidup beberapa
hewan dilingkungan sekitar misalnya kecoa, nyamuk, lalat, katak dan kucing
- Guru
menunjukan daur hidup kupu-kupu dengan bantuan media gambar yang belum
berurutan
- Siswa
bersama guru menyusun proses daur hidup kupu-kupu secara berurutan
- Siswa
bersama guru melakukan tanya jawab tentang daur hidup kupu-kupu
- Guru
membagi siswa kedalam 4 kelompok
- Siswa
bergabung dengan kelompoknya
- Guru
membagikan gambar daur hidup beberapa hewan dilingkungan sekitar misalnya
kecoa, nyamuk,katak dan kucing yang akan disusun oleh siswa
- Guru
menyampaikan penjelasan mengenai hal yang harus dilakukan oleh setiap kelompok
- Setiap
kelompok melakukan diskusi dan menyusun daur hidup hewan yang mereka dapatkan
masing-masingGuru mengecek keaktifan dan membimbing siswa melakukan diskusi
- Guru
meminta kepada setiap kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi didepan
kelas
- Guru
memberikan penghargaan kepada setiap kelompok yang maju kedepan dengan mengajak
siswa yang lain bertepuk tangan
Kegiatan
Akhir ( 10 Menit )
-
Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan
pembelajaran yang telah dilakukan
-
Siswa mengerjakan soal evaluasi yang
dibagikan guru
-
Guru memberikan penguatan kepada siswa
tentang materi yang dipelajari
-
Guru meminta ketua kelas untuk memimpin
doa pulang
-
Guru mengakhiri pembelajaran dengan
mengucapkan salam
H.
Media
Dan Sumber Belajar
Media: - Gambar daur hidup kupu-kupu
-
Gambar daur hidup kucing
-
Gambar daur hidup kecoa
-
Gambar daur hidup katak
-
Gambar daur hidup nyamuk
Sumber belajar: - Buku IPA
Pengarang:
Budi Wahyono dan Setyo Nurachmandani
Penerbit:
pusat perbukuan
Halaman:
48-50
- Buku
Sains 4
Pegarang: maryati, dkK
Penerbit: PT. SINERGI
PUSTAKA INDONESIA
Halaman: 54-56
I. Penilaian
1. Prosedur
a. Penilaian
Proses : Lembar pengamatan
sikap
b. Penilaian
Hasil Belajar :Tes tertulis
(terlampir)
2. Instrumen
Penilaian
a. Penilaian
Proses : Lembar pengamatan
sikap
b. Penilaian
hasil belajar : Isian
Kuningan, 13 Oktober
2016
Mengetahui, Mahasiswi
Guru Kelas IV, PPL
Suwartinah,S.Pd.SD Atik Sukmawati
NIP.195908221982012002 NIM.2013151018
BAHAN
AJAR
Burung,
capung, dan kupu-kupu berkembang biak dengan bertelur. Telur hewan tersebut
akan menetas dan anak-anak yang baru lahir wujudnya ada yang mirip dengan
induknya dan ada yang wujudnya sangat berbeda. Setelah memahami beberapa tahap
perkembangan, barulah anak tersebut memiliki wujud yang yang mirip dengan
induknya. Cara berkembang seperti ini disebut metamorsis. Metamorphosis dibagi
menjadi dua yaitu metamorphosis sempurna dan meta morfosis tidak sempurna.
1.
Metamoefosis sempurna
Contohnya
a. Kupu-kupu
Kupu-kupu dewasa bertelur diatas dedaunan. Beberapa
hari kemudian telur akan menetas , setelah menetas akan muncul larva atau ulat.
Setelah cukup dewasa, ulat akan membentuk kepongpong , dan akan menjadi
kupu-kupu
b. Katak
Katak dewasa akan bertelur, yang selanjutnya akan
menetas menjadi kecebong, selanjutnya tumbuh menjadi katak muda, kemudian
menjadi katak dewasa.
2. Metamorphosis
tidak sempurna
a. Kucing
Kucing dewasa betina
mengalami masa kandungan selama kira-kira tiga bulan, jemudian melahirkan anak
kucing, kemudian tumbuh menjadi kucing dewasa.
b. Kecoa
Kecoa memulai hidupnya dari telur, kemudian meetas
menjadi anak kecoa yang mirip dengan kecoa dewasa tanpa melewati masa
kepongpong.
LEMBAR KERJA SISWA
Mata Pelajaran : IPA
Kelas / Semester :
IV / I
Nama Hewan yang Diamati : ……
Nama Kelompok :
Anggota :
Dari daur hidup hewan yang kalian
amati, isilah pertanyaan di bawah ini!
1. Apakah
hewan tersebut mengalami metamorfosis sempurna atau metamorfosis tidak
sempurna?
2. Jelaskan
proses daur hidup hewan yang kalian susun!
KISI-KISI
SOAL
Standar
Kompetensi : 4. Memahami daur hidup berbagai jenis mahluk hidup
Kelas : IV
Tanggal : 13 Oktober 2016
KD
|
Indikator
|
Materi
|
Indikator soal
|
Bentuk soal
|
Ranah
|
No soal
|
4.1Mendeskrifsikan
daur hidup beberapa hewan dilingkungan sekitar misalnya kecoa, nyamuk,
kupu-kupu, kucing
|
· Mengetahui
daur hidup beberapa hewan dilingkungan sekitar misalnya kecoa, nyamuk,
kupu-kupu, dan kucing
· Menyebutkan
daur hidup beberapa hewan dilingkungan sekitar misalnya kecoa, nyamuk,
kupu-kupu, dan kucing
· Menyusun daur
hidup beberapa hewan dilingkungan sekitar misalnya kecoa, nyamuk, kupu-kupu,
dan kucing
|
Daur hidup
beberapa hewan dilingkungan sekitar misalnya kecoa, nyamuk, kupu-kupu, dan
kucing
|
1.Disajikan
dalam bentuk soal isian singkat, siswa dapat menyebutkan salah satu pase dari
daur hidup katak
2.Disajikan
dalam bentuk soal isian singkat, siswa dapat menyebutkan salah satu pase dari
daur hidup nyamuk
3.Disajikan
dalam bentuk soal isian, siswa dapat menyebutkan hewan yang mengalami
metamorfosis sempurna
4.Disajikan
dalam bentuk soal esay, siswa dapat menjelaskan daur hidup kupu-kupu
5.Disajikan
dalam bentuk soal esay, siswa dapat menjelaskan daur hidup kucing
|
Isian
|
C1
C1
C1
C1
C1
|
1
2
3
4
5
|
SOAL
EVALUASI
Mata
Pelajaran : IPA
Kalas : IV
Nama :…….
Jawablah
soal dibawah ini dengan baik dan benar!
1. Pada
proses daur hidup katak, setelah telur akan menetas manjadi…..
2. Pada
proses daur hidup nyamuk, setelah telur akan menetas menjadi….
3. Contoh
mewan yang mengalami metamorfisis sempurna yaitu….
4. Coba
jelaskan proses daur hidup kupu-kupu…
5. Coba
jelaskan proses daur hidup kucing…..
KUNCI
JAWABAN
1. Kecebong
2. Jentik-jentik
3. Kupu-kupu
4. Kupu-kupu
dewasa bertelur diatas dedaunan. Beberapa hari kemudian telur akan menetas ,
setelah menetas akan muncul larva atau ulat. Setelah cukup dewasa, ulat akan
membentuk kepongpong , dan akan menjadi kupu-kupu
5. Kucing
dewasa betina mengalami masa kandungan selama kira-kira tiga bulan, jemudian
melahirkan anak kucing, kemudian tumbuh menjadi kucing dewasa.
PEDOMAN
PENILAIAN
No
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Pengetahuan
|
Perlu
Bimbingan
|
1
|
|
|
Cukup
|
2
|
|
|
Baik
|
3
|
|
|
Sangat
Baik
|
4
|
2.
|
Prakter
|
Aktif
|
1
|
|
|
Kadang-Kadang
|
2
|
|
|
Tidak
Baik
|
3
|
3.
|
Sikap
|
Baru
Terlihat
|
1
|
|
|
Mulai
Terlihat
|
2
|
|
|
Mulai
Berkembang
|
3
|
|
|
Sudah
Membudaya
|
4
|
LEMBAR
PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
11.
|
|
|
|
|
|
|
|
12.
|
|
|
|
|
|
|
|
13.
|
|
|
|
|
|
|
|
14.
|
|
|
|
|
|
|
|
15.
|
|
|
|
|
|
|
|
16.
|
|
|
|
|
|
|
|
17.
|
|
|
|
|
|
|
|
18.
|
|
|
|
|
|
|
|
19.
|
|
|
|
|
|
|
|
20.
|
|
|
|
|
|
|
|
21.
|
|
|
|
|
|
|
|
22.
|
|
|
|
|
|
|
|
22.
|
|
|
|
|
|
|
|
23.
|
|
|
|
|
|
|
|
24.
|
|
|
|
|
|
|
|
25.
|
|
|
|
|
|
|
|
26.
|
|
|
|
|
|
|
|
27.
|
|
|
|
|
|
|
|
28.
|
|
|
|
|
|
|
|
29.
|
|
|
|
|
|
|
|
30.
|
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar