Sabtu, 22 Juli 2017

Rpp kelas 4 Ipa Memahami daur hidup berbagai jenis makhluk hidup



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama Sekolah             : SDN 5 Kuningan
Mata Pelajaran            : IPA
Kelas / Semester          : IV / I
Alokasi Waktu            : 2 x 35 Menit
Hari, Tanggal              : Kamis, 13 Oktober 2016

A.    Standak Kompetensi
4. Memahami daur hidup berbagai jenis makhluk hidup

B.      Kompetensi Dasar
4.1 Mendeskripsikan daur hidup beberapa hewan dilingkungan sekitar misalnya kecoa, nyamuk, kupu-kupu, dan kucing

C.    Indikator
·         Mengetahui daur hidup beberapa hewan dilingkungan sekitar misalnya kecoa, nyamuk, kupu-kupu, dan kucing
·         Menyebutkan daur hidup beberapa hewan dilingkungan sekitar misalnya kecoa, nyamuk, kupu-kupu, dan kucing
·         Menyusun daur hidup beberapa hewan dilingkungan sekitar misalnya kecoa, nyamuk, kupu-kupu, dan kucing

D.    Tujuan
·         Melalui kegiatan tanya jawab siswa dapat mengetahui daur hidup beberapa hewan dilingkungan sekitar misalnya kecoa, nyamuk, kupu-kupu, dan kucing
·         Melalui kegiatan diskusi siswa dapat menyebutkan proses daur hidup beberapa hewan dilingkungan sekitar misalnya kecoa, nyamuk, kupu-kupu, dan kucing
·         Melalui diskusi dan tanya jawab siswa dapat menyusun daur hidup beberapa hewan dilingkungan sekitar misalnya kecoa, nyamuk, kupu-kupu, dan kucing



E.     Materi
Daur hidup beberapa hewan dilingkungan sekitar misalnya kecoa, nyamuk, kupu-kupu, dan kucing

F.     Metode Pembelajaran
Model  : Contekstual Teaching Learning (CTL)
Model  : -   Tanya jawab
-          Diskusi
-          Ceramah
-          Penugasan

G.    Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiantan Awal ( 10 Menit )
-       Guru masuk ke kelas dan mengucapkan salam.
-       Guru meminta ketua kelas untuk memimpin doa.
-       Guru melakukan pengabsenan
-       Guru mengondisikan siswa dan memotivasi siswa menuju kearah belajar.
-       Guru melakukan apersepsi berupa tanya jawab tentang materi yang telah yang diajarkan untuk mengaitkan materi yang lalu dengan materi yang akan disampaikan.
-       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti (50 Menit )
-       Siswa dan guru melakukan tanya jawab untuk mengetahui pengetahuan awal siswa tentang materi yang akan disampaikan
-       Guru menjelaskan secara singkat materi pembelajaran tentang daur hidup beberapa hewan dilingkungan sekitar misalnya kecoa, nyamuk, lalat, katak dan kucing
-       Guru menunjukan daur hidup kupu-kupu dengan bantuan media gambar yang belum berurutan
-       Siswa bersama guru menyusun proses daur hidup kupu-kupu secara berurutan
-       Siswa bersama guru melakukan tanya jawab tentang daur hidup kupu-kupu
-       Guru membagi siswa kedalam 4 kelompok
-       Siswa bergabung dengan kelompoknya
-       Guru membagikan gambar daur hidup beberapa hewan dilingkungan sekitar misalnya kecoa, nyamuk,katak dan kucing yang akan disusun oleh siswa
-       Guru menyampaikan penjelasan mengenai hal yang harus dilakukan oleh setiap kelompok
-       Setiap kelompok melakukan diskusi dan menyusun daur hidup hewan yang mereka dapatkan masing-masingGuru mengecek keaktifan dan membimbing siswa melakukan diskusi
-       Guru meminta kepada setiap kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi didepan kelas
-       Guru memberikan penghargaan kepada setiap kelompok yang maju kedepan dengan mengajak siswa yang lain bertepuk tangan
Kegiatan Akhir ( 10 Menit )
-          Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan pembelajaran yang telah dilakukan
-          Siswa mengerjakan soal evaluasi yang dibagikan guru
-          Guru memberikan penguatan kepada siswa tentang materi yang dipelajari
-          Guru meminta ketua kelas untuk memimpin doa pulang
-          Guru mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan salam

H.    Media Dan Sumber Belajar
Media: -     Gambar daur hidup kupu-kupu
-          Gambar daur hidup kucing
-          Gambar daur hidup kecoa
-          Gambar daur hidup katak
-          Gambar daur hidup nyamuk
Sumber belajar:    - Buku IPA
                             Pengarang: Budi Wahyono dan Setyo Nurachmandani
                             Penerbit: pusat perbukuan
                             Halaman: 48-50
-     Buku Sains 4
Pegarang: maryati, dkK
Penerbit: PT. SINERGI PUSTAKA INDONESIA
Halaman: 54-56




I.       Penilaian
1.      Prosedur
a.       Penilaian Proses                : Lembar pengamatan sikap
b.      Penilaian Hasil Belajar      :Tes tertulis (terlampir)
2.      Instrumen Penilaian
a.       Penilaian Proses                : Lembar pengamatan sikap
b.      Penilaian hasil belajar        : Isian











Kuningan, 13 Oktober 2016
Mengetahui,                                                                            Mahasiswi      
Guru Kelas IV,                                                                            PPL                                                    


Suwartinah,S.Pd.SD                                                       Atik Sukmawati                   
NIP.195908221982012002                                              NIM.2013151018








BAHAN AJAR
Burung, capung, dan kupu-kupu berkembang biak dengan bertelur. Telur hewan tersebut akan menetas dan anak-anak yang baru lahir wujudnya ada yang mirip dengan induknya dan ada yang wujudnya sangat berbeda. Setelah memahami beberapa tahap perkembangan, barulah anak tersebut memiliki wujud yang yang mirip dengan induknya. Cara berkembang seperti ini disebut metamorsis. Metamorphosis dibagi menjadi dua yaitu metamorphosis sempurna dan meta morfosis tidak sempurna.
1.      Metamoefosis sempurna
Contohnya
a.       Kupu-kupu
kupu-kupu 4.jpg
Kupu-kupu dewasa bertelur diatas dedaunan. Beberapa hari kemudian telur akan menetas , setelah menetas akan muncul larva atau ulat. Setelah cukup dewasa, ulat akan membentuk kepongpong , dan akan menjadi kupu-kupu

b.      Katak
katak 1.png
Katak dewasa akan bertelur, yang selanjutnya akan menetas menjadi kecebong, selanjutnya tumbuh menjadi katak muda, kemudian menjadi katak dewasa.




2.      Metamorphosis tidak sempurna
a.       Kucing
DAUR11.GIF
Kucing dewasa betina mengalami masa kandungan selama kira-kira tiga bulan, jemudian melahirkan anak kucing, kemudian tumbuh menjadi kucing dewasa.
b.      Kecoa
images.jpg
Kecoa memulai hidupnya dari telur, kemudian meetas menjadi anak kecoa yang mirip dengan kecoa dewasa tanpa melewati masa kepongpong.












LEMBAR KERJA SISWA
Mata Pelajaran                        : IPA
Kelas / Semester                      : IV / I
Nama Hewan yang Diamati    : ……
Nama Kelompok                     :
Anggota                                  :






Dari daur hidup hewan yang kalian amati, isilah pertanyaan di bawah ini!
1.      Apakah hewan tersebut mengalami metamorfosis sempurna atau metamorfosis tidak sempurna?
2.      Jelaskan proses daur hidup hewan yang kalian susun!


















KISI-KISI SOAL
Standar Kompetensi : 4. Memahami daur hidup berbagai jenis mahluk hidup
Kelas                           : IV
Tanggal                       : 13 Oktober 2016
KD
Indikator
Materi
Indikator soal
Bentuk soal
Ranah
No soal
4.1Mendeskrifsikan daur hidup beberapa hewan dilingkungan sekitar misalnya kecoa, nyamuk, kupu-kupu, kucing

·      Mengetahui daur hidup beberapa hewan dilingkungan sekitar misalnya kecoa, nyamuk, kupu-kupu, dan kucing
·      Menyebutkan daur hidup beberapa hewan dilingkungan sekitar misalnya kecoa, nyamuk, kupu-kupu, dan kucing
·      Menyusun daur hidup beberapa hewan dilingkungan sekitar misalnya kecoa, nyamuk, kupu-kupu, dan kucing
Daur hidup beberapa hewan dilingkungan sekitar misalnya kecoa, nyamuk, kupu-kupu, dan kucing

1.Disajikan dalam bentuk soal isian singkat, siswa dapat menyebutkan salah satu pase dari daur hidup katak
2.Disajikan dalam bentuk soal isian singkat, siswa dapat menyebutkan salah satu pase dari daur hidup nyamuk
3.Disajikan dalam bentuk soal isian, siswa dapat menyebutkan hewan yang mengalami metamorfosis sempurna
4.Disajikan dalam bentuk soal esay, siswa dapat menjelaskan daur hidup kupu-kupu
5.Disajikan dalam bentuk soal esay, siswa dapat menjelaskan daur hidup kucing
Isian
C1








C1








C1








C1






C1


1








2








3








4






5
SOAL EVALUASI
Mata Pelajaran            : IPA
Kalas                           : IV
Nama                           :…….


Jawablah soal dibawah ini dengan baik dan benar!
1.      Pada proses daur hidup katak, setelah telur akan menetas  manjadi…..
2.      Pada proses daur hidup nyamuk, setelah telur akan menetas menjadi….
3.      Contoh mewan yang mengalami metamorfisis sempurna yaitu….
4.      Coba jelaskan proses daur hidup kupu-kupu…
5.      Coba jelaskan proses daur hidup kucing…..






















KUNCI JAWABAN
1.      Kecebong
2.      Jentik-jentik
3.      Kupu-kupu
4.      Kupu-kupu dewasa bertelur diatas dedaunan. Beberapa hari kemudian telur akan menetas , setelah menetas akan muncul larva atau ulat. Setelah cukup dewasa, ulat akan membentuk kepongpong , dan akan menjadi kupu-kupu
5.      Kucing dewasa betina mengalami masa kandungan selama kira-kira tiga bulan, jemudian melahirkan anak kucing, kemudian tumbuh menjadi kucing dewasa.

























PEDOMAN PENILAIAN
No
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Pengetahuan
Perlu Bimbingan
1


Cukup
2


Baik
3


Sangat Baik
4
2.
Prakter
Aktif
1


Kadang-Kadang
2


Tidak Baik
3
3.
Sikap
Baru Terlihat
1


Mulai Terlihat
2


Mulai Berkembang
3


Sudah Membudaya
4




















LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.







2.







3.







4.







5.







6.







7.







8.







9.







10.







11.







12.







13.







14.







15.







16.







17.







18.







19.







20.







21.







22.







22.







23.







24.







25.







26.







27.







28.







 29.







30.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar