RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : IPA
Satuan Pendidikan
: SDN 5 Kuningan
Kelas/Semester : IV/I
Alokasi Waktu : 2 X 35 Menit
Hari/Tanggal : Senin, 21 November 2016
A. Standar
Kompetensi
6. Memahami beragam sifat
dan perubahan wujud benda serta berbagai cara penggunaan benda berdasarkan
sifatnya
B. Kompetensi Dasar
6.3 Menjelaskan hubungan antara sifat bahan
dengan kegunaannya
C. Indikator
1.
Mengidentifikasi sifat-sifat bahan plastik, logam, karet,
kertas, dan kaca.
2.
Meyebutkan kegunaan bahan plastik, logam, karet, kertas,
dan kaca dalam kehigupan sehari-hari.
D. Tujuan
Pembelajaran
1.
Melalui pengamatan siswa dapat mengidentifikasi sifat-sifat
bahan plastik, logam, karet, kertas, dan kaca dengan teliti.
3.
Melalui diskusi siswa dapat meyebutkan kegunaan bahan
plastik, logam, karet, kertas, dan kaca dalam kehigupan sehari-hari dengan
tepat.
E. Materi Pokok
1. Sifat bahan dan
kegunaanya
F. Metode dab Model Pembelajaran
1. Metode : Diskusi
Tanya jawab
Ceramah
2. Model
Pembelajaran : Kooperatif Learning
G. Langkah-langkah
Pembelajaran
1.
Kegiatan Awal (10 menit)
a.
Guru mengucapkan salam
b.
Guru mengkondisikan siswa dengan berdoa dan mengabsen
c.
Guru melakukan apersepsi
d.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai siswa
2. Kegiatan Inti (40
menit)
a.
Guru melakukan Tanya jawab mengenai bahan-bahan peralatan
yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari
b.
Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang sifat-sifat
bahan
c.
Guru membentuk kelompok yang masing masing kelompoknya
beranggotakan 5 orang
d.
Guru meminta setiap kelompok mengerjakan lembar kerja siswa
dengan berdiskusi
e.
Siswa melakukan pengamatan untuk mengisi lembar kerja siswa
f.
Setiap kelompok mempresentasikan hasil pengamatan didepan
kelas
g.
Guru memberikan pujian kepada kelompok yang bisa menjawab
pertanyaan dengan benar
3. Kegiatan Akhir
(20 menit)
a.
Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan materi
pembelajaran
b.
Guru melakukan evaluasi
c.
Guru memberikan tindak lanjut
H.
Alat/Bahan/Sumber Belajar
§
Buku IPA kelas
IV
Penerbit
: Pusat perbukuan departemen pendidikan nasional tahun 2008
Budi
Wahyono, Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD dan MI kelas IV
Hal.
79-81
§
Gambar yang
berhubungan dengan bahan plastik, logam, karet, kertas dan kaca.
I.
Penilaian
1.
Prosedur penilaian
a.
Postest/test Akhir
2.
Jenis test
a.
Tertulis
3.
Bentuk test
a.
Isian singkat
Aspek yang dinilai
·
Aspek kognitif
Komponen yang dinilai meliputi kemampuan menjawab soal
uraian pada saat test.
·
Aspek afektif (sikap)
Komponen yang dinilai meliputi percaya diri, ketelitian dan
tanggung jawab. Penilaian
dilakukan saat siswa melakukan kegiatan diskusi.
·
Aspek psikomotorik
Komponen yang dinilai meliputi keaktifan
siswa. Penilaian ini dilakukan
saat siswa melakukan kegiatan pembelajaran.
Mengetahui
Guru Pamong,
Suwartinah, S.Pd SD
NIP.195908221982012002
|
|
Kuningan,
21 November2016
Mahasiswa
PPL,
Pambuko
Sri Wahyudi
NIM.2013151123
|
BAHAN AJAR
Sifat Bahan dan
Kegunaanya
1. Bahan Plastik dan Kegunaannya
Plastik banyak digunakan sebagai bahan
pembuat benda-benda yang kita gunakan seharihari, antara lain, jas hujan,
kemasan air mineral, dan ember. Mengapa jas hujan terbuat dari bahan plastik?
Plastik memiliki sifat tidak tembus air atau kedap air. Oleh karena itu,
plastik digunakan sebagai bahan pembuat jas hujan. Plastik ada yang tidak
memiliki warna atau tembus pandang sehingga kita dapat melihat dan menilai
kebersihan air yang dikemas di dalamnya. Namun, ada pula plastic yang memiliki
warna. Penggunaan plastik yang berlebihan dapat menimbulkan pencemaran atau
polusi lingkungan. Mengapa? Karena bahan ini sulit membusuk. Di negara-negara
maju penggunaan bahan plastik diminimalisir untuk mengurangi pencemaran.
2. Bahan Logam dan Kegunaannya
Logam merupakan bahan yang kuat dan
kokoh. Logam bersifat penghantar listrik dan tidak tembus cahaya meskipun
memiliki permukaan yang mengkilap. Umumnya, logam dapat dibentuk dengan mudah
bila dipanaskan. Benda yang terbuat dari besi cepat berkarat jika basah atau
diletakkan di luar rumah. Pisau dan garpu banyak terbuat dari baja yang
mengandung besi. Namun, benda tersebut tidak mudah berkarat karena bagian
luarnya dilapisi kromium.
3. Bahan Karet dan Kegunaannya
Karet ada dua jenis , yaitu alam dan
buatan. Karet alam berasal dari getah pohon karet yang disadap, sedangkan karet
buatan dari unsur-unsur kimia. Bahan ini kemudian diolah menjadi berbagai benda
keperluan manusia. Keuntungan bahan karet, antara lain, bersifat lentur
(elastis), tidak menyerap air, serta tidak mudah robek dan patah. Karet menjadi
bahan baku utama pembuatan ban seperti mobil, sepeda motor, dan sepeda. Karet
cenderung tidak tahan panas (mudah meleleh) serta tidak mudah membusuk sehingga
mengakibatkan pencemaran lingkungan.
4. Bahan Kertas dan Kegunaannya
Kertas berbentuk lembaran yang dibuat
dari serat kayu atau bambu. Kegunaan kertas, antara lain, untuk menulis,
menggambar, dan sebagai pembungkus makanan. Kertas juga dapat digunakan sebagai
media untuk membuat koran, majalah, dan buku tulis. Kertas memiliki jenis yang
bermacam-macam, mulai dari kertas yang lembut hingga kertas karton yang keras.
Kertas sangat praktis karena dapat dibuang setelah digunakan. Selain itu,
kertas yang tipis dapat menyerap cairan sehingga digunakan untuk membuat tisu.
Kertas termasuk bahan yang mudah didaur ulang. Kertas daur ulang merupakan
kertas yang terbuat dari kertas bekas. Kertas memiliki kelemahan, yaitu mudah
terbakar, mudah robek, dan tidak tahan air.
5. Bahan Kaca dan Kegunaannya
Bahan kaca tembus pandang, dapat
dilalui cahaya. Artinya, kita dapat melihat keadaan dibalik kaca tersebut. Kaca
dapat digunakan sebagai bahan jendela dan spion kendaraan. Selain itu, kaca
dapat digunakan sebagai bahan pembuatan lensa kacamata. Kaca jenis ini dapat
membantu penglihatan saudara-saudara kita yang matanya terganggu mengalami
gangguan.
MEDIA PEMBELAJARAN
Gambar
LEMBAR KERJA SISWA
Ketua :
.....................
Anggota : 1.
2.
3.
4.
5.
Amatilah benda dan isi kolom di bawah ini !
No.
|
Nama
Barang
|
Nama
Bahan
|
Kegunaan
|
Sifat
Bahan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KISI – KISI SOAL TES
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Soal
|
Jenis Soal
|
Ranah
Kognitif
|
Nomor
Soal
|
6.3 Menjelaskan hubungan
antara sifat bahan dengan kegunaannya.
|
·
Disajikan dalam bentuk uraian
siswa menyebutkan sifat bahan karet
·
Disajikan dalam bentuk
uraian siswa dapat menyebutkan macam-macam alat yang berbahan logam
·
Disajikan dalam bentuk
uraian siswa dapat menyebutkan macam-macam alat yang berbahan plastik
·
Disajikan dalam bentuk
uraian siswa dapat menjelaskan bahan logam dan karet
·
Disajikan dalam bentuk uraian
siswa dapat menjelaskan kelebihan bahan kaca
|
Uraian
|
C1
C1
C1
C2
C3
|
1
2
3
4
5
|
LEMBAR EVALUASI
Isilah pertanyaan di bawah ini
dengan baik dan benar !
1.
Sebutkan
sifat-sifat bahan karet !
2.
Sebutkan
macam-macam alat yang terbuat dari bahan logam !
3.
Sebutkan
macam-macam alat yang terbuat dari bahan plastik !
4.
Jelaskan
perbedaan bahan logam dan karet !
5.
Mengapa gelas
terbuat dari bahan kaca !
KUNCI JAWABAN
SOAL EVALUASI
1.
Lentur, tidak tahan api
2.
Sendok, uang, wajan
3.
Gayung, gelas plastic, toples
4.
Logam bersifat keras sedangkan karet lentur
5.
Karena kaca tidak dapat menyerap air
PEDOMAN
PENSKORAN
No.
|
Deskripsi
|
Skor
|
1.
|
Apabila jawaban baik
dan benar
|
20
|
2.
|
Apabila jawaban baik
dan benar
|
20
|
3.
|
Apabila jawaban baik
dan benar
|
20
|
4.
|
Apabila jawaban baik
dan benar
|
20
|
5.
|
Apabila jawaban baik
dan benar
|
20
|
Jumlah
|
100
|
No
|
Aspek
|
Dekripsi
|
Skor
|
Keterangan
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
|
|||
1.
|
Afektif
|
Percaya Diri
|
|
|
|
|
|
Ketelitian
|
|
|
|
|
|
||
Kerberanian
|
|
|
|
|
|
||
2.
|
Psikomotorik
|
Aktif dalam
kegiatan pembelajaran
|
|
|
|
|
|
Aktif dalam berdiskusi
|
|
|
|
|
|
NILAI AKHIR = SKOR PEROLEHAN X 100
SKOR MAKSIMAL
Tidak ada komentar:
Posting Komentar