Sabtu, 22 Juli 2017

Rpp kelas 4 tema pertanian



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah                  : SDN 5 Kuningan
Tema                                : Pertanian
Mata Pelajaran                 : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester               : IV / I
Alokasi Waktu                 : 2 x 35 Menit
Hari, Tanggal                   : Senin, 10 Oktober 2016

A.    Standar Kompetensi
4. Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk cerita.

B.     Kompetensi Dasar
4.2 Menulis petunjuk untuk melakukan sesuatu atau menjelaskan tentang cara membuat sesuatu.

C.    Indikator
·         Membaca  petunjuk melakukan sesuatu
·         Mengurutkan petunjuk melakukan sesuatu sesuai gamba
·         Menuliskan petunjuk melakukan sesuatu

D.    Tujuan
·      Melalui teks percobaan yang disajikan oleh guru, siswa dapat mengkomunikasikan teks berisi petunjuk melakukan suatu percobaan.
·      Melalui diskusi dan gambar yang ditunjukan oleh guru, siswa dapat siswa dapat mengurutkan gambar yang petunjuk melakukan sesuatu sesuai gambar.
·      Melalui diskusi dan gambar yang ditunjukan oleh guru, siswa dapat menuliskan petunjuk melakukan sesuatu sesuai dengan urutan gambar.



E.     Materi
Petunjuk melakukan percobaan cara unik tanaman menyerap air.

F.     Metode Pembelajaran
Model: Contekstual Teaching Learnig ( CTL )
Metode: - Tanya Jawab
-  Ceramah
-  Diskusi
-  Percobaan / Praktikum
-  Penugasan

G.    Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan inti ( 5 Menit )
·      Guru masuk kekelas dan mengucapkan salam
·      Guru meminta ketua kelas untuk memimpin doa sebelum belajar
·      Guru mengabsen kehadiran siswa dan menatamedia pembelajaran
·      Guru mengondisikan siswa dan memotivasi siswa menuju kearah belajar.
·      Guru menggali pengetahuan awal siswa mengenai petunjuk melakukan sesuatu dan mengaitkan dengan materi yang akan disampaikan
Kegiatan Inti ( 55 Menit )
·      Guru menunjukan beberapa gambar alat dan bahan yang akan digunakan percobaan cara unik tanaman menyerap air.
·      Siswa mengamati gambar yang diberikan oleh guru
·      Siswa menyampaikan apa yang mereka ketahui tentang gambar yang ditunjukan oleh guru
·      Guru menanggapi apa yang siswa sampaikan
·      Siswa bersama guru menyimpulkan pendapat siswa
·      Guru menjelaskan materi mengenai petunjuk melakukan percobaan cara unik tanaman menyerap air.
·      Siswa memperhatikan penjelasan guru
·      Siswa dengan bimbingan guru  mengurutkan gambar petunjuk percobaan cara unik melakukan sesuatu
·      Guru membagi kelas kedalam beberapa kelompok secara heterogen
·      Siswa berkumpul bersama kelompok yang telah disusun
·      Siswa dengan bimbingan guru melakukan diskusi untuk menentukan dan menuliskan petunjuk melakukan percobaan cara unik tanaman menyerap air.
·      Siswa mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas
·      Siswa bersama guru melakukan tanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
·      Guru mengajak siswa melakukan percobaan sesuai dengan petunjuk yang telah ditentukan pada proses diskusi
·      Siswa dengan bimbingan guru melakukan percobaan dengan tekun
·      Guru memintan siswa membawa kerumah percobaan yang di lakukan oleh kelompok untuk di amati kemudian di presentasikan di pertemuan selanjutnya
Kegiatan Akhir (10 menit)
·      Siswa bersama dengan guru melakukan refleksi dan menyimpulkan materi yang telah dipelajari
·      Guru membagikan lembar evaluasi kepada seluruh siswa
·      Siswa melakukan evaluasi
·      Siswa diberikan tindak lanjut berupa tugas untuk membuat petunjuk menanam tanaman yang mereka ketahui dengan rapih, dan tepat
·      Guru mengintruksikan kepada siswa, apabila tugas yang dikerjakan rapih dan tepat akan di berikan penghargaan hasil karyanya di mading sekolah
·      Guru meminta ketua kelas untuk memimpin doa sebelum pulang
·      Guru mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan salam

H.    Media Dan Sumber Belajar
Media:
·      Gambar alat dan bahan percobaan cara unik tanaman menyerap air.
·      Gelas
·      Air
·      Pewarna makanan
·      Stik pengaduk
·      Seledri
Sumber :
·      Buku Bina Bahasa Indonesia 4A
Karya: Tim Bina Karya Guru
Penerbit: Erlangga
Halaman: 83-86

I.       Penilaian
1.      Asfek yang dinilai:
-                                                                         Afektip         :    Dapat dipercaya, rasa hormat dan perhatian, tekun, tanggung jawab, berani dan ketulusan.
-                                                                    Psikomotor       : Dapat melaksanakan percobaan sesuai dengan p etunjuk yang diberikan
-                                                                              Kognitif           :  Siswa mengetahui petunjuk melakukan sesuat          
2.      Prosedur
a.                                                                                             Penilaian Proses         : Lembar pengamatan sikap dan lembar pengamatan diskusi
b.      Penilaian Hasil Belajar      :Tes tertulis (terlampir)
3.      Instrumen Penilaian
a.                                                                                              Penilaian Proses         : Lembar pengamatan sikap dan leembar pengamatan diskusi
b.      Penilaian hasil belajar        : Uraian




Kuningan, 10 Oktober 2016
Mengetahui,                                                                            Mahasiswi      
Guru Kelas IV,                                                                            PPL                                                    



Suwartinah,S.Pd.SD                                                       Atik Sukmawati                   
NIP.195908221982012002                                              NIM.2013151018


KISI-KISI SOAL
Tema                             : Pertanian
SK                                 : 4. Menulis
                                      Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk cerita
KD                                : 4.2 menulis petunjuk untuk melakukan sesuatu atau penjelasan tentang cara membuat sesuatu
Kelas                            : IV
Tanggal Dilaksanakan : 10 Oktober 2016
KD
Indikator
Materi
Indikator Soal
Bentuk Soal
Ranah
No Soal
4.2 menulis petunjuk untuk melakukan sesuatu atau penjelasan tentang cara membuat sesuatu
·         Membaca  petunjuk melakukan percobaan cara unik tanaman menyerap air.
·         Mengurutkan petunjuk melakukan percobaan cara unik tanaman menyerap air. sesuai gamba
·         Menuliskan petunjuk melakukan percobaan cara unik tanaman menyerap air.
Petunjuk melakukan sesuatu percobaan cara unik tanaman menyerap air.
1.    Disajikan dalam bentuk teks petunjuk melakukan percobaan cara unik tanaman menyerap air, siswa dapat melengkapi titik- titik yang disediakan
Isian










C3










1



















LEMBAR EVALUASI
Nama               :
Kelas               :
Tanggal           :
Lengkapilah titik-titik dibawah ini !
1.      Siapkan 2 gelas kosong
2.      …………………………………………………………………
3.      ……………………………………………………………..
4.      Masukan batang seledri yang telah dibersihkan dan dibuang semua akarnya kedalam gelas
5.      ……………………………………………………………………..























KUNCI JAWABAN
Nama               :
Kelas               :
Tanggal           : 10 Oktober 2016
1.      Siapkan 2 gelas kosong
2.      Isilah gelas dengan air, masukan satu sendok the pewarna makanan berwarna merah kedalam gelas pertama, dan warna biru kedalam gelas ke 2
3.      Aduklah isi gelas sampai pewarna tercampur rata
4.      Masukan batang seledri yang telah dibersihkan dan dibuang semua akarnya kedalam gelas
5.      Coba kamu perhatikan selama 2 – 3 hari air mulai tampak naik keatas hingga seluruh tanaman berubah warna seperti pewarna yang kalian pakai.






















PEDOMAN PENSKORAN
  1. penilaian Diskusi
Kegiatan Berdiskusi Dinilai Dengan Rubrik
kriteria
Bagus sekali
(3)
Cukup
(2)
Berlatih lagi
(1)
Mendengarkan
Selalu mendengarkan orang yang sedang berbicara
Mendengarkan teman yang sedang berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan
Masih peril diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara
Komunikasi Non Verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara)
Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi nonverbal yang ditunjukan teman
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi nonverbal yang ditunjukan oleh teman
Partisipasi (menyampaikan ide,perasaan, pikiran)
Isi pembicaraan menginspirasi teman, selalu mendikung dan memimpin yang lainnya saat berdiskusi
Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik
Jarang berbicara saat berdiskusi berlagsung
Keruntutan berbicara
Menyampaikan pendapatnya secara runtun dari awal hingga akhir
Menyampaikan pendapatnya secara runtun namun belum konsisten
Masih perlu berlatih untuk berbicara secara runtun






LEMBAR PENILAIAN DISKUSI
No
Nama
Siswa
Penilaian
Jumlah skor
keterangan
Mendengar
Komunikasi Non Verbal
Partisipasi
Keruntutan Berbicara
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
12.
13.
14.
15.
16.
17.
18.
19.
20.
21.
22.
23.
24.
25.
26.
27.
28.
29.








Keterangan :




  1. Penilaian Individu
PEDOMAN PENILAIAN
NO
KRITERIA
TOTAL
NILAI AKHIR
1.
Menyusun langkah kerja


2.
Menyebutkan dan menuliskan petunjuk langkah kerja


JUMLAH



 PENSKORAN
Kriteria
Sangat Tepat
Tepat
Kurang Tepat
Skor
60
30-50
20
 KETERANGAN :
Nilai Akhir      :
Catatan            : Jawaban yang tidak diisi diberi nilai 0












LEMBAR PENILAIAN INDIVIDU
No
Nama
Kriteria
Total
Nilai akhir
1
2
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10
11.
12.
13.
14.
15.
16.
17.
18.
19.
20.
21.
23.
24.
25.
26.
27.
28.
29.
30.














Tidak ada komentar:

Posting Komentar