RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Nama
Sekolah : SDN 5 Kuningan
Tema : Pertanian
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas
/ Semester : IV / I
Alokasi
Waktu :
2 x 35 Menit
Hari,
Tanggal : Senin, 10 Oktober 2016
A. Standar Kompetensi
4.
Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan,
dan informasi secara tertulis dalam bentuk cerita.
B. Kompetensi Dasar
4.2
Menulis petunjuk untuk melakukan sesuatu atau menjelaskan tentang cara membuat
sesuatu.
C. Indikator
·
Membaca
petunjuk melakukan sesuatu
·
Mengurutkan petunjuk melakukan sesuatu
sesuai gamba
·
Menuliskan petunjuk melakukan sesuatu
D. Tujuan
· Melalui
teks percobaan yang disajikan oleh guru, siswa dapat mengkomunikasikan teks
berisi petunjuk melakukan suatu percobaan.
· Melalui
diskusi dan gambar yang ditunjukan oleh guru, siswa dapat siswa dapat
mengurutkan gambar yang petunjuk melakukan sesuatu sesuai gambar.
· Melalui
diskusi dan gambar yang ditunjukan oleh guru, siswa dapat menuliskan petunjuk
melakukan sesuatu sesuai dengan urutan gambar.
E. Materi
Petunjuk
melakukan percobaan cara unik tanaman menyerap air.
F. Metode Pembelajaran
Model:
Contekstual Teaching Learnig ( CTL )
Metode:
- Tanya Jawab
- Ceramah
- Diskusi
- Percobaan
/ Praktikum
- Penugasan
G. Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan
inti ( 5 Menit )
· Guru
masuk kekelas dan mengucapkan salam
· Guru
meminta ketua kelas untuk memimpin doa sebelum belajar
· Guru
mengabsen kehadiran siswa dan menatamedia pembelajaran
· Guru
mengondisikan siswa dan memotivasi siswa menuju kearah belajar.
· Guru
menggali pengetahuan awal siswa mengenai petunjuk melakukan sesuatu dan
mengaitkan dengan materi yang akan disampaikan
Kegiatan
Inti ( 55 Menit )
· Guru
menunjukan beberapa gambar alat dan bahan yang akan digunakan percobaan cara
unik tanaman menyerap air.
· Siswa
mengamati gambar yang diberikan oleh guru
· Siswa
menyampaikan apa yang mereka ketahui tentang gambar yang ditunjukan oleh guru
· Guru
menanggapi apa yang siswa sampaikan
· Siswa
bersama guru menyimpulkan pendapat siswa
· Guru
menjelaskan materi mengenai petunjuk melakukan percobaan cara unik tanaman
menyerap air.
· Siswa
memperhatikan penjelasan guru
· Siswa
dengan bimbingan guru mengurutkan gambar
petunjuk percobaan cara unik melakukan sesuatu
· Guru
membagi kelas kedalam beberapa kelompok secara heterogen
· Siswa
berkumpul bersama kelompok yang telah disusun
· Siswa
dengan bimbingan guru melakukan diskusi untuk menentukan dan menuliskan
petunjuk melakukan percobaan cara unik tanaman menyerap air.
· Siswa
mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas
· Siswa
bersama guru melakukan tanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
· Guru
mengajak siswa melakukan percobaan sesuai dengan petunjuk yang telah ditentukan
pada proses diskusi
· Siswa
dengan bimbingan guru melakukan percobaan dengan tekun
· Guru
memintan siswa membawa kerumah percobaan yang di lakukan oleh kelompok untuk di
amati kemudian di presentasikan di pertemuan selanjutnya
Kegiatan
Akhir (10 menit)
· Siswa
bersama dengan guru melakukan refleksi dan menyimpulkan materi yang telah
dipelajari
· Guru
membagikan lembar evaluasi kepada seluruh siswa
· Siswa
melakukan evaluasi
· Siswa
diberikan tindak lanjut berupa tugas untuk membuat petunjuk menanam tanaman
yang mereka ketahui dengan rapih, dan tepat
· Guru
mengintruksikan kepada siswa, apabila tugas yang dikerjakan rapih dan tepat
akan di berikan penghargaan hasil karyanya di mading sekolah
· Guru
meminta ketua kelas untuk memimpin doa sebelum pulang
· Guru
mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan salam
H. Media Dan Sumber Belajar
Media:
· Gambar
alat dan bahan percobaan cara unik tanaman menyerap air.
· Gelas
· Air
· Pewarna
makanan
· Stik
pengaduk
· Seledri
Sumber
:
· Buku
Bina Bahasa Indonesia 4A
Karya: Tim Bina Karya Guru
Penerbit: Erlangga
Halaman: 83-86
I. Penilaian
1. Asfek
yang dinilai:
-
Afektip :
Dapat dipercaya, rasa hormat dan perhatian, tekun, tanggung jawab, berani
dan ketulusan.
-
Psikomotor : Dapat melaksanakan percobaan sesuai dengan p etunjuk
yang diberikan
-
Kognitif : Siswa
mengetahui petunjuk melakukan sesuat
2. Prosedur
a.
Penilaian Proses : Lembar pengamatan sikap dan lembar pengamatan diskusi
b. Penilaian
Hasil Belajar :Tes tertulis
(terlampir)
3. Instrumen
Penilaian
a.
Penilaian Proses : Lembar pengamatan sikap dan leembar pengamatan diskusi
b. Penilaian
hasil belajar : Uraian
Kuningan, 10 Oktober 2016
Mengetahui, Mahasiswi
Guru Kelas IV, PPL
Suwartinah,S.Pd.SD Atik Sukmawati
NIP.195908221982012002 NIM.2013151018
KISI-KISI
SOAL
Tema : Pertanian
SK : 4. Menulis
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk cerita
KD :
4.2 menulis petunjuk untuk melakukan sesuatu atau penjelasan tentang cara
membuat sesuatu
Kelas
: IV
Tanggal
Dilaksanakan : 10 Oktober 2016
KD
|
Indikator
|
Materi
|
Indikator Soal
|
Bentuk Soal
|
Ranah
|
No Soal
|
4.2 menulis petunjuk untuk melakukan
sesuatu atau penjelasan tentang cara membuat sesuatu
|
·
Membaca
petunjuk melakukan percobaan cara unik tanaman menyerap air.
·
Mengurutkan petunjuk melakukan percobaan cara unik
tanaman menyerap air. sesuai gamba
·
Menuliskan petunjuk melakukan percobaan cara unik
tanaman menyerap air.
|
Petunjuk melakukan sesuatu percobaan
cara unik tanaman menyerap air.
|
1.
Disajikan dalam bentuk teks petunjuk melakukan
percobaan cara unik tanaman menyerap air, siswa dapat melengkapi titik- titik
yang disediakan
|
Isian
|
C3
|
1
|
LEMBAR
EVALUASI
Nama :
Kelas :
Tanggal :
Lengkapilah
titik-titik dibawah ini !
1. Siapkan
2 gelas kosong
2.
…………………………………………………………………
3.
……………………………………………………………..
4.
Masukan batang seledri yang telah
dibersihkan dan dibuang semua akarnya kedalam gelas
5.
……………………………………………………………………..
KUNCI
JAWABAN
Nama :
Kelas :
Tanggal : 10 Oktober 2016
1. Siapkan
2 gelas kosong
2.
Isilah gelas dengan air, masukan satu
sendok the pewarna makanan berwarna merah kedalam gelas pertama, dan warna biru
kedalam gelas ke 2
3.
Aduklah isi gelas sampai pewarna
tercampur rata
4.
Masukan batang seledri yang telah
dibersihkan dan dibuang semua akarnya kedalam gelas
5.
Coba kamu perhatikan selama 2 – 3 hari
air mulai tampak naik keatas hingga seluruh tanaman berubah warna seperti
pewarna yang kalian pakai.
PEDOMAN
PENSKORAN
- penilaian Diskusi
Kegiatan
Berdiskusi Dinilai Dengan Rubrik
kriteria
|
Bagus sekali
(3)
|
Cukup
(2)
|
Berlatih lagi
(1)
|
Mendengarkan
|
Selalu mendengarkan
orang yang sedang berbicara
|
Mendengarkan teman
yang sedang berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan
|
Masih peril
diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara
|
Komunikasi Non Verbal
(kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara)
|
Merespon dan menerapkan
komunikasi non verbal dengan tepat
|
Merespon dengan tepat
terhadap komunikasi nonverbal yang ditunjukan teman
|
Membutuhkan bantuan
dalam memahami bentuk komunikasi nonverbal yang ditunjukan oleh teman
|
Partisipasi
(menyampaikan ide,perasaan, pikiran)
|
Isi pembicaraan
menginspirasi teman, selalu mendikung dan memimpin yang lainnya saat
berdiskusi
|
Berbicara dan
menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik
|
Jarang berbicara saat
berdiskusi berlagsung
|
Keruntutan berbicara
|
Menyampaikan
pendapatnya secara runtun dari awal hingga akhir
|
Menyampaikan
pendapatnya secara runtun namun belum konsisten
|
Masih perlu berlatih
untuk berbicara secara runtun
|
LEMBAR PENILAIAN DISKUSI
No
|
Nama
Siswa
|
Penilaian
|
Jumlah
skor
|
keterangan
|
|||
Mendengar
|
Komunikasi Non
Verbal
|
Partisipasi
|
Keruntutan
Berbicara
|
||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
12.
13.
14.
15.
16.
17.
18.
19.
20.
21.
22.
23.
24.
25.
26.
27.
28.
29.
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
- Penilaian Individu
PEDOMAN PENILAIAN
NO
|
KRITERIA
|
TOTAL
|
NILAI AKHIR
|
1.
|
Menyusun langkah kerja
|
|
|
2.
|
Menyebutkan dan menuliskan
petunjuk langkah kerja
|
|
|
JUMLAH
|
|
|
PENSKORAN
Kriteria
|
Sangat Tepat
|
Tepat
|
Kurang Tepat
|
Skor
|
60
|
30-50
|
20
|
KETERANGAN :
Nilai Akhir :
Catatan : Jawaban yang tidak diisi diberi
nilai 0
LEMBAR PENILAIAN INDIVIDU
No
|
Nama
|
Kriteria
|
Total
|
Nilai akhir
|
|
1
|
2
|
||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10
11.
12.
13.
14.
15.
16.
17.
18.
19.
20.
21.
23.
24.
25.
26.
27.
28.
29.
30.
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar