RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
TEMATIK
Nama
Sekolah : SDN 5 KUNINGAN
Tema : KESEHATAN
Kelas/Semester : III/1
Waktu : 3 x 35
menit
Hari,
Tanggal : Rabu, 12 Oktober 2016
Mata
Pelajaran : Tematik
A. STANDAR KOMPETENSI
Matematika
2. Menggunakan pengukuran waktu,
panjang, dan berat dalam memecahkan masalah
Sbk
4. Mengekspresikan diri melalui karya musik
B. KOMPETENSI DASAR
Matematika
2.2 Menggunakan alat ukur dalam pemecahan masalah
Sbk
4.2
Menyanyikan lagu wajib daerah dan lagu anak-anak dengan atau tampa iringan
sederhana
C. INDIKATOR
Matematika
-
Menjelaskan alat ukur untuk mengukur
berat benda
-
Mengukur berat benda dengan taksiran
-
Menyebutkan satuan berat
Sbk
-
Menyebutkan judul lagu wajib nasional
-
Menyebutkan pencipta lagu Indonesia raya
-
Menyanyikan lagu wajib nasional
Indonesia raya
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Matematika
-
Melalui penjelasan tentang alat ukur
untuk mengukur berat siswa dapat menyebutkan alat untuk mengukur berat benda dengan
tepat
-
Melalu tanya jawab tentang satuan berat siswa
dapat menyebutkan satuan berat dengan tepat
-
Melalui diskusi siswa dapat mengukur
berat benda dengan taksiran dengan benar
Sbk
- Melalui
tanya jawab siswa dapat menyebutkan judul lagu wajib nasional yang
didengarkannya melalui audio
- Melalui
tanya jawab siswa menyebutkan pencipta lagu wajib Indonesia raya
- Melalui
penugasan secara individu siswa dapat menyanyikan lagu dengan benar
- Melalui
demonstrasi siswa dapat menyanyi secara klasikal lagu Indonesia raya dengan
benar
E.
METODE PEMBELAJARAN
Model : Contextual Teaching Learning
(CTL)
Pendekatan : Tematik
Metode :
- Ceramah,
- Tanya
jawab
- diskusi
- Penugasan
F.
MATERI PEMBELAJARAN
Matematika
-
Menaksir berat benda kg terdekat
Sbk
- Lagu
Indonesia raya
G.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal
(15 menit)
-
Guru masuk ke kelas dan mengucapkan
salam.
-
Guru meminta ketua kelas untuk memimpin
doa.
-
Guru melakukan pengabsenan
-
Guru mengondisikan siswa dan memotivasi
siswa menuju kearah belajar.
-
Guru melakukan apersepsi berupa tanya
jawab tentang materi yang telah yang diajarkan untuk mengaitkan materi yang
lalu dengan materi yang akan disampaikan.
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegiatan
Inti (75 menit)
Matematika
-
Siswa dan guru melakukan tanya jawab tentang
jenis-jenis alat ukur berat benda
-
Siswa mengamati gambar alat ukur berat untuk mengukur
benda yang di sediakan guru
-
Siswa dan guru melakukan tanya jawab tentang satuan
berat sesuai gambar yang diamati siswa
-
Guru memberikan contoh soal tentang mengukur berat
benda dengan taksiran
-
Siswa
bersama guru melakukan tanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
-
Siswa dibagi kedalam 6 kelompok secara heterogen
-
Guru memberikan soal tentang mengukur berat benda
dengan taksiran
-
Siswa diberikan waktu kepada siswa 10 menit untuk
mendiskusikan soal yang guru berikan
-
Guru meminta kepada siswa perwakilan satu orang dari
setiap kelompok untuk mempersentasikannya di depan kelas
SBK
-
Guru meminta siswa untuk mendengarkan
lagu yang di putar melalui audio
-
Guru melakukan Tanya jawab judul lagu yang
didengarkan siswa
-
Guru melakukan Tanya jawab tentang orang
yang menciptakan lagu Indonesia Raya
-
Guru meminta salah satu siswa untuk memandu
menyanyikan lagu wajib yang berjudul “Indonesia Raya”
-
Guru meminta seluruh siswa untuk
menyanyikan lagu wajib yang berjudul “Indonesia Raya” secara bersamaan dengan
baik dan benar
-
Guru memberikan penghargaan dengan
memberikan tepuk tanga bersama siswa yang lainya
Kegiatan
Akhir (15 Menit)
-
Siswa bersama guru menyimpulkan materi
pembelajaran yang telah dilaksanakan.
-
Guru memberikan penguatan
-
Guru memberikan tindak lanjut dengan
memberi tugas kepada seluruh siswa
-
Guru meminta ketua kelas untuk memimpin
doa sebelum pulang
-
Guru mengakhiri pembelajaran dengan
mengucapkan salam
H. ALAT
DAN SUMBER BELAJAR
Media:
Matematika
-
Gambar
|
|
Sbk
-
Audio lagu Indonesia Raya
Sumber
Belajar :
-
Sumber
Matematika
-
Buku Matematika kelas III
Penerbit : Erlangga
Karangan
: Tim
Bina Karya Guru
Halaman : 100-101
Sbk
- Buku
Krajinan Tangan Dan Kesenia
Penerbit : Erlangga
Pengarang : Tim Bina Karya Guru
Halaman : 33
I.
PENILAIAN
a. Jenis tes : Tulisan
b. Bentuk tes :
-
Tes tulis, soal-soal uji kompetensi
dalam bentuk uraian
c. Prosedur : Post test
d. Instrumen : Lembar pengamatan (terlampir), soal uraian
(terlampir)
Aspek
yang diamati
-
Aspek
Kognitif
Komponen
yang dinilai meliputi kemampuan menjawab soal uraian pada saat tes.
-
Aspek
afektif (sikap)
Komponen yang dinilai meliputi keberanian, kejujuran, kerjasama, keaktifan.
Penilaian dilakukan saat siswa melakukan kegiatan gerakan tari.
-
Aspek
psikomotorik
Komponen yang dinilai meliputi kesesuaian dengan menyanyikan lagu “Indonesia Raya”, aktif menyanyikan
lagu “Indonesia Raya”. Penilaian ini dilakukan saat siswa bernyanyi.
BAHAN AJAR
Matematika
A. Menaksir dan
Mengukur Sampai Kg Terdekat
Contoh Soal :
1. Berat
satu karung beras adalah 14 kg. Berat satu karung beras tersebut berat lebih
dekat ke 10 kg daripada 20 kg, maka berat satu karung beras itu kira-kira 10 kg
2. Berat
satu karung beras adalah 27 kg. Berat 1 karung beras tersebut lebih dekat ke 30
kg dari pada 20 kg, maka berat satu karung beras itu kira-kira 30 kg
B. Menaksir Lama
Kegiatan Sehari-hari
Contoh
Coba
berapa lama waktu untuk kalian butuhkan untuk belajar ? Ukurlag dengan jam tanganmu!
Waktu yang dibutuhkan seorang anak untuk belajar dirumah biasanya adalah 1 jam
50 menit atau 2 jam.
Bangunlah
badannya
Untuk
Indonesia Raya
Indonesia Raya Merdeka Merdeka
Tanahku
negriku yang kucinta
Indonesia Raya Merdeka Merdeka
Hiduplah
Indonesia Raya
Indonesia raya merdeka-merdeka
Tanahku
negriku yang kucinta
Indonesia raya merdeka-merdeka
Hiduplah
Indonesia Raya
|
Indonesia
tanah air ku
Tanah
tumpah darahku
Disanalah
aku berdiri
Jadi
pandu ibuku
Indonesia
kebangsaanku
Bangsa
dan tanah airku
Marilah
kita berseru
Indonesia
bersatu
Hiduplah tanahku
Hiduplah
negriku
Bangsaku
Rakyatku semuanya
Bangunlah
jiwanya
|
LEMBAR KERJA SISWA MATEMATIKA
Nama Kelompok :
No Kelompok :
Anggota :
1.
…………….
2.
…………….
3.
…………….
4.
…………….
5.
…………….
Jawablah
pertanyaan dibawah ini?
1.
Berat meja
adalah 23 kg. Jika ditaksir, maka berat meja kira-kira … kg
2.
Berat ban
mobil adalah 38 kg. Jika ditaksir, maka berat ban mobil kira-kira … kg
3.
Berat sebuah
kabel adalah 27 cm. Jika ditaksir, maka berat sebuah kabel kira-kira … kg
4.
Berat balok
adalah 44 cm. Jika ditaksir, maka berat balok kira-kira … cm
5.
Berat kursi
adalah 24 cm. Jika ditaksir, maka berat kursi kira-kira …. kg
KISI-KISI
SOAL
Tema : Kesehatan
Mata
Pelajaran : Tematik
Kelas : III/1
Standar
Kopetensi : Matematika
2. Menggunakan pengukuran waktu,
panjang, dan berat dalam memecahkan masalah
Sbk
4.
Mengekspresikan diri melalui karya musik
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Indikator Soal
|
Butir Soal
|
Jenis Soal
|
Ranah
Kognitif
|
Nomor
Soal
|
Matematika
2.2 Menggunakan alat ukur dalam
pemecahan masalah
Sbk
4.2 Menyanyikan lagu wajib daerah dan
lagu anak-anak dengan atau tampa iringan sederhana
|
- Menjelaskan
alat ukur untuk mengukur berat benda
- Mengukur
berat benda dengan taksiran
- Menyebutkan
satuan berat
- Menyebutkan
judul lagu wajib nasional
- Menyebutkan
pencipta lagu Indonesia raya
- Menyanyikan
lagu wajib nasional Indonesia raya
|
·
Disajikan dalam bentuk uraian siswa dapat menaksir
berat beras dengan taksiran
·
Disajikan dalam bentuk uraian siswa dapat menaksir
berat sebuah batu dengan taksiran
·
Disajikan dalam bentuk uraian siswa dapat menaksir
berat kambing dengan taksiran
·
Disajikan dalam bentuk uraian siswa dapat
menyebutkan nama pencipta lagu Indonesia raya
·
Disajikan dalam bentuk uraian siswa dapat menuliskan
lagu Indonesia raya
|
1.
Berat
beras dalam karung adalah 23 kg. Jika ditaksir, maka berat beras kira-kira …
kg
2.
Berat
sebuah batu adalah 26 kg. Jika ditaksir, maka berat beras kira-kira … kg
3.
Berat
seekor kambing adalah 49 kg. Jika ditaksir, maka berat beras kira-kira … kg
4.
Siapa
nama pencipta lagu Indonesia raya
5.
Tulislah
lirik lagu Indonesia raya
|
Uraian
|
C1 - C2
|
1-3
4-5
|
Lembar
Evaluasi
Nama :
Kelas :
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan
benar
1.
Berat beras
dalam karung adalah 23 kg. Jika ditaksir, maka berat beras kira-kira … kg
2.
Berat sebuah
batu adalah 26 kg. Jika ditaksir, maka berat beras kira-kira … kg
3.
Berat seekor
kambing adalah 49 kg. Jika ditaksir, maka berat beras kira-kira … kg
4.
Siapa nama
pencipta lagu Indonesia raya
5.
Tulislah lirik
lagu Indonesia raya
Jawaban
1.
20
2.
30
3.
50
4.
Wage Ruudolf
Soepratman
5.
Bangunlah badannya
Untuk Indonesia Raya
Indonesia Raya Merdeka Merdeka
Tanahku negriku yang kucinta
Indonesia Raya Merdeka Merdeka
Hiduplah Indonesia Raya
Indonesia raya merdeka-merdeka
Tanahku negriku yang kucinta
Indonesia raya merdeka-merdeka
Hiduplah Indonesia Raya
|
Indonesia tanah air ku
Tanah tumpah darahku
Disanalah aku berdiri
Jadi pandu ibuku
Indonesia kebangsaanku
Bangsa dan tanah airku
Marilah kita berseru
Indonesia bersatu
Hiduplah tanahku
Hiduplah negriku
Bangsaku Rakyatku semuanya
Bangunlah jiwanya
|
PEDOMAN PENILAIAN
Tema
: Kesehatan
Kelas
/ Semester : III / I
No
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Skor
|
1
|
Kognitif
|
Apabila kata kunci dijawab
dengan benar
|
2
|
2
|
Apabila kata kunci dijawab
dengan benar
|
2
|
|
3
|
Apabila kata kunci dijawab
dengan benar
|
2
|
|
4
|
Apabila kata kunci dijawab
dengan benar
|
2
|
|
5
|
Apabila kata kunci dijawab
dengan benar
|
2
|
No
|
Aspek
|
Dekripsi
|
Skor
|
Keterangan
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
|
|||
1.
|
Afektif
|
Keberanian
|
|
|
|
|
|
Kejujuran
|
|
|
|
|
|
||
Kerjasama
|
|
|
|
|
|
||
Keaktifan
|
|
|
|
|
|
||
2.
|
Psikomotorik
|
Aktif menyanyikan
lagu “Indonesia Raya”
|
|
|
|
|
|
Kesesuaian dengan menyanyikan
lagu “Indonesia Raya”
|
|
|
|
|
|
Nilai Akhir = Skor Perolehan X 100
Skor Maksimal
LEMBAR
PENILAIAN
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Kognitif
|
Afektif
|
Psikomotor
|
||||
1.
|
Ahmad Muzakky
|
|
|
|
|
|
2.
|
Alfarizi Khairullah
|
|
|
|
|
|
3.
|
Anissa Mustika S
|
|
|
|
|
|
4.
|
Arhab Dwi Prasetya
|
|
|
|
|
|
5.
|
Arya Septazhar
|
|
|
|
|
|
6.
|
Azkiya Aura Qanita
|
|
|
|
|
|
7.
|
Bagus Ardi F
|
|
|
|
|
|
8.
|
Dewi Arum S
|
|
|
|
|
|
9.
|
Fadel Muhammad G
|
|
|
|
|
|
10.
|
Faira Dwi Maharani
|
|
|
|
|
|
11.
|
Gilang Dwi Kayana
|
|
|
|
|
|
12.
|
Hudzaifa Izharul H
|
|
|
|
|
|
13.
|
Ilma Nirmala
|
|
|
|
|
|
14.
|
Kaila Khairunisa
|
|
|
|
|
|
15.
|
Kirana Azmi Andriani
|
|
|
|
|
|
16.
|
Moch. Akbar Surya P
|
|
|
|
|
|
17.
|
Muhamad Raafi A
|
|
|
|
|
|
18.
|
Muhammad Dida T
|
|
|
|
|
|
19.
|
Muhammad Farel N
|
|
|
|
|
|
20.
|
Muh. Refaldhi B
|
|
|
|
|
|
21.
|
Nabilah Apriliani
|
|
|
|
|
|
22.
|
Nadhiya Pratiwi
|
|
|
|
|
|
22.
|
Nadzwa Latifah
|
|
|
|
|
|
23.
|
Nailah Mustika Z
|
|
|
|
|
|
24.
|
Raya Muara Bagja
|
|
|
|
|
|
25.
|
Renaya Rahma S
|
|
|
|
|
|
26.
|
Reyhan Nanda A
|
|
|
|
|
|
27.
|
Rio Nurfadilah
|
|
|
|
|
|
28.
|
Rival Kausar
|
|
|
|
|
|
29.
|
Sabila Juniar
|
|
|
|
|
|
30.
|
Shalma Putri Y
|
|
|
|
|
|
31.
|
Yuga Dirsyarahman A
|
|
|
|
|
|
32.
|
Zahara Azalia
|
|
|
|
|
|
33.
|
M. Reindra Ishaq
|
|
|
|
|
|
34.
|
Haidar Azmi M
|
|
|
|
|
|
35.
|
Ibnu Albar Razhani
|
|
|
|
|
|
36.
|
Fauzia Salsabila P
|
|
|
|
|
|
37.
|
Violla Priella M
|
|
|
|
|
|
38.
|
Claresta Zulayka
|
|
|
|
|
|
39.
|
Ridho Nazwar M
|
|
|
|
|
|
Kuningan, 12 Oktober
2016
Mahasiswa
Eki
Permana
Nim
: 2013151051
|
Mengetahui
Guru
Pamong
Wasriah S.Pd.SD
Nip : 196612061986162002
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar