Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
(
RPP )
Nama Sekolah : SDN 5 Kuningan
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : IV / I
Alokasi Waktu : 2 x 35 Menit
Hari, Tanggal : Rabu, 12 Oktober 2016
- Standar Kompetensi
3.
Memahami dan menggunakan faktor dan kelipatan dalam pemecahan masalah.
- Kompetensi Dasar
3.2
menentukan hubungan antar satuan waktu,
antar satuan panjang, dan antar satuan
berat.
- Indikator
·
Mengetahui macam-macam satuan panjang
kilometer, hektometer, dekameter, meter,
desimeter, sentimeter, dan millimeter.
·
Menyebutkan satuan panjang kilometer,
hektometer, dekameter, meter, desimeter, sentimeter, dan millimeter.
·
Menghitung operasi perhitungan dengan
satuan panjang kilometer, hektometer,
dekameter, meter, desimeter, sentimeter, dan millimeter.
- Tujuan
·
Melalui tanya jawab siswa dapat
mengetahui macam-macam satuan panjang kilometer, hektometer, dekameter, meter, desimeter, sentimeter, dan
millimeter.
·
Melalui demonstrasi dan penjelasan guru
siswa dapat menyebutkan satuan panjang kilometer, hektometer, dekameter, meter, desimeter, sentimeter, dan
millimeter.
·
Melalui penjelasan guru siswa dapat
menghitung operasi perhitungan dengan satuan panjang kilometer,
hektometer, dekameter, meter, desimeter,
sentimeter, dan millimeter.
- Materi
Meentukan
hubungan antar satuan satuan panjang kilometer, hektometer, dekameter, meter, desimeter, sentimeter, dan
millimeter.
- Metode pembelajaran
Model : Contekstual Teaching Learning (CTL)
Model : -
Tanya jawab
-
Ceramah
-
Demonstrasi
-
Penugasan
- Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiantan Awal ( 10 Menit )
- Guru
masuk ke kelas dan mengucapkan salam.
- Guru
meminta ketua kelas untuk memimpin doa.
- Guru
melakukan pengabsenan
- Guru
mengondisikan siswa dan memotivasi siswa menuju kearah belajar.
- Guru
melakukan apersepsi berupa tanya jawab tentang materi yang telah yang diajarkan
untuk mengaitkan materi yang lalu dengan materi yang akan disampaikan.
- Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegiatan
Inti (50 Menit )
-
Guru menunjukan pengaris yang telah di
persiapkan dan melakukan tanya jawab tentang satuan panjang yang di gunakan
dalam penggaris tersebut.
-
Guru menggambar tangga satuan panjang
untuk memberikan pemahaman siswa tentang satuan panjang kilometer,
hektometer, dekameter, meter, desimeter,
sentimeter, dan millimeter.
-
Siswa dengan guru melakukan tanya jawab
tentang susunan dan nama satuan panjang pada gambar tangga satuan panjang yang
telah dibuat.
-
Guru menjelaskan cara menghitung perhitungan
dengan satuan panjang kilometer, hektometer,
dekameter, meter, desimeter, sentimeter, dan millimeter.
-
Siswa dengan bantuan guru mencoba
menyelesaikan beberapa soal latihan perhitungan yang berkaitan dengan satuan
panjang kilometer, hektometer,
dekameter, meter, desimeter, sentimeter, dan millimeter.
-
Dengan intruksi guru perwakilan siswa
maju kedepan untuk menuliskan jawaban latihan soal latihan yang telah
dikaerjakan didepan kelas.
-
Guru memberikan penghargaan kepada siswa
yang berani maju kedepan dengan mengajak siswa yang lainnya bertepuk tangan
bersama.
-
Guru membagikan lembar kerja siswa
-
Siswa mengerjakan lembar kerja siswa
Kegiatan Akhir ( 10 Menit )
-
Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan
pembelajaran yang telah dilakukan
-
Siswa mengerjakan soal evaluasi yang
dibagikan guru
-
Guru memberikan penguatan kepada siswa
tentang materi yang dipelajari
-
Guru meminta ketua kelas untuk memimpin
doa pulang
-
Guru mengakhiri pembelajaran dengan
mengucapkan salam
- Media dan sumber belajar
Media : penggaris
Sumber
belajar : Buku Matematika kelas
4
Karya : Burhan Mustaqin dan Ary Astuty
Penerbit : Pusat Perbukuan
Halaman : 85-86
- Penilaian
1. Prosedur
a. Penilaian
Proses :
Lembar pengamatan sikap
b. Penilaian
Hasil Belajar :Tes tertulis
(terlampir)
2. Instrumen
Penilaian
a. Penilaian
Proses :
Lembar pengamatan sikap
b. Penilaian
hasil belajar : Isian
Kuningan, 12 Oktober 2016
Mengetahui, Mahasiswi
Guru Kelas IV, PPL
Suwartinah,S.Pd.SD Atik Sukmawati
NIP.196908221982012002 NIM.2013151018
BAHAN
AJAR
Menentukan
Hubungan Antar Satuan Panjang
Mari kita pelajari kembali satuan-satuan panjang
yang baku, dan coba tuliskanlah!
Sekarang, mari kita lakukan perhitungan dengan
satuan panjang. Coba kamu perhatikan contoh berikut.
1.
3 km = …. m
Jawab: 1 km = 1.000 m
3 km = 3 x 1.000 m
= 3.000 m
2.
7.500 cm = …. m
Jawab: = 75 m
3.
3 km + 2 hm = … dam
Jawab: 3 km = 300 dam
2 hm = 20 dam
3 km + 2 hm = 300 + 20 dam = 320 dam
LEMBAR
KERJA SISWA
isilah
titik-titik di bawah ini dengan baik dan benar!
1.
16 hm + 25 dam = ….. m
2.
550 cm + 2.000 mm = ….dm
3.
2 km + 4 hm = … dam
4.
4 hm + 5 dm = … dm
5.
65 dam + 235 dm = … cm
KISI-KISI
SOAL
Standar
Kompetensi : 3. Memahami dan menggunakan faktor dan kelipatan dalam pemecahan
masalah.
Kelas : IV
Tanggal : 12 Oktober 2016
KD
|
Indikator
|
Materi
|
Indikator soal
|
Bentuk soal
|
Ranah
|
No soal
|
3.2menentukan
hubungan antar satuan waktu,
antar satuan panjang, dan antar satuan
berat.
|
·
Mengenal macam-macam satuan panjang kilometer,
hektometer, dekameter, meter,
desimeter, sentimeter, dan millimeter.
·
Menyebutkan satuan panjang kilometer,
hektometer, dekameter, meter,
desimeter, sentimeter, dan millimeter.
·
Menghitung operasi perhitungan dengan satuan
panjang kilometer, hektometer,
dekameter, meter, desimeter, sentimeter, dan millimeter.
|
Menentukan hubungan antar satuan
panjang kilometer, hektometer,
dekameter, meter, desimeter, sentimeter, dan millimeter
|
Disajikan dalam bentuk soal isian,
siswa dapat menyelesaikan soal perhitungan
dengan satuan panjang.
|
Isian
|
C3
|
1-10
|
SOAL
EVALUASI
Nama :
Kelas :IV
Tanggal : 12 Oktober 2016
Kerjakanlah
soal dibawah ini dengan baik dan benar!
1.
40 km = … dam
2.
750 dam = …. m
3.
30 cm = …. mm
4.
250 dm = … mm
5.
8 hm = …. dm
6.
25000cm = …. dam
7.
32000 mm = … m
8.
700 dm = … dam
9.
160 cm = …m
10.
2000 dm = … hm
KUNCI
JAWABAN LEMBAR KERJA SISWA
1.
16 hm + 25 dam = ….. m
Jawaban: 16 hm = 16 x 100 m = 1600 m
25 dam = 25 x 10 = 250 m
16
m + 25 dam = 1600 + 250 m = 1850 m
2.
550 cm + 2.000 mm = ….dm
Jawaban: 550 cm = 550 : 10 dm = 55 dm
2000 mm = 2000 : 100 dm = 20 dm
550 cm + 2000 mm
= 55 + 20 dm = 75 dm
3.
2 km + 4 hm = … dam
Jawaban: 2 km = 2 x 100 dam = 200 dam
4 hm = 4 x 10 dam = 40 dam
2
km + 4 hm = 200 + 40 dam = 240 dam
4.
4 hm + 5 dm = … dm
Jawaban: 4 hm = 4 x 1000 dm = 4000 dm
4 hm + 5 dm = 4000 + 5 = 4005
dm
5.
65 dam + 235 dm = … cm
Jawaban: 65 dam = 65 x 1000 cm = 65000 cm
235 dm= 235 x 10 cm = 2350 cm
65 dam + 235 dm = 65000 cm +
2350 cm = 67350 cm
KUNCI
JAWABAN LEMBAR EVALUASI
1. 40
km = 4000 dam
2. 750
dam = 7500 m
3. 30
cm = 300 mm
4. 250
dm = 25000 mm
5. 8
hm = 80000 dm
6. 25000cm
=25 dam
7. 32000
mm = 32 m
8. 700
dm = 7 dam
9. 160
cm = 1,6 m
10. 2000
dm = 2 hm
PEDOMAN
PENILAIAN
No
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Pengetahuan
|
Perlu
Bimbingan
|
1
|
|
|
Cukup
|
2
|
|
|
Baik
|
3
|
|
|
Sangat
Baik
|
4
|
2.
|
Prakter
|
Aktif
|
1
|
|
|
Kadang-Kadang
|
2
|
|
|
Tidak
Baik
|
3
|
3.
|
Sikap
|
Baru
Terlihat
|
1
|
|
|
Mulai
Terlihat
|
2
|
|
|
Mulai
Berkembang
|
3
|
|
|
Sudah
Membudaya
|
4
|
LEMBAR
PENILAIAN
No
|
Nama
Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
11.
|
|
|
|
|
|
|
|
12.
|
|
|
|
|
|
|
|
13.
|
|
|
|
|
|
|
|
14.
|
|
|
|
|
|
|
|
15.
|
|
|
|
|
|
|
|
16.
|
|
|
|
|
|
|
|
17.
|
|
|
|
|
|
|
|
18.
|
|
|
|
|
|
|
|
19.
|
|
|
|
|
|
|
|
20.
|
|
|
|
|
|
|
|
21.
|
|
|
|
|
|
|
|
22.
|
|
|
|
|
|
|
|
22.
|
|
|
|
|
|
|
|
23.
|
|
|
|
|
|
|
|
24.
|
|
|
|
|
|
|
|
25.
|
|
|
|
|
|
|
|
26.
|
|
|
|
|
|
|
|
27.
|
|
|
|
|
|
|
|
28.
|
|
|
|
|
|
|
|
29.
|
|
|
|
|
|
|
|
30.
|
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar