Sabtu, 22 Juli 2017

Rpp kelas 4 Matematika Memahami dan menggunakan faktor dan kelipatan dalam pemecahan masalah.



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( RPP )
Nama Sekolah             : SDN 5 Kuningan
Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas / Semester          : IV / I
Alokasi Waktu            : 2 x 35 Menit
Hari, Tanggal              : Rabu, 12 Oktober 2016

  1. Standar Kompetensi
3. Memahami dan menggunakan faktor dan kelipatan dalam pemecahan masalah.

  1. Kompetensi Dasar
3.2 menentukan hubungan antar satuan  waktu, antar  satuan panjang, dan antar satuan berat.

  1. Indikator
·         Mengetahui macam-macam satuan panjang kilometer, hektometer,  dekameter, meter, desimeter, sentimeter, dan millimeter.
·         Menyebutkan satuan panjang kilometer, hektometer, dekameter, meter, desimeter, sentimeter, dan millimeter.
·         Menghitung operasi perhitungan dengan satuan panjang kilometer, hektometer,  dekameter, meter, desimeter, sentimeter, dan millimeter.

  1. Tujuan
·         Melalui tanya jawab siswa dapat mengetahui macam-macam satuan panjang kilometer, hektometer,  dekameter, meter, desimeter, sentimeter, dan millimeter.
·         Melalui demonstrasi dan penjelasan guru siswa dapat menyebutkan satuan panjang kilometer, hektometer,  dekameter, meter, desimeter, sentimeter, dan millimeter.
·         Melalui penjelasan guru siswa dapat menghitung operasi perhitungan dengan satuan panjang kilometer, hektometer,  dekameter, meter, desimeter, sentimeter, dan millimeter.

  1. Materi
Meentukan hubungan antar satuan satuan panjang kilometer, hektometer,  dekameter, meter, desimeter, sentimeter, dan millimeter.

  1. Metode pembelajaran
Model  : Contekstual Teaching Learning (CTL)
Model  : -   Tanya jawab
-          Ceramah
-          Demonstrasi
-          Penugasan

  1. Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiantan Awal ( 10 Menit )
-       Guru masuk ke kelas dan mengucapkan salam.
-       Guru meminta ketua kelas untuk memimpin doa.
-       Guru melakukan pengabsenan
-       Guru mengondisikan siswa dan memotivasi siswa menuju kearah belajar.
-       Guru melakukan apersepsi berupa tanya jawab tentang materi yang telah yang diajarkan untuk mengaitkan materi yang lalu dengan materi yang akan disampaikan.
-       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti (50 Menit )
-          Guru menunjukan pengaris yang telah di persiapkan dan melakukan tanya jawab tentang satuan panjang yang di gunakan dalam penggaris tersebut.
-          Guru menggambar tangga satuan panjang untuk memberikan pemahaman siswa tentang satuan panjang kilometer, hektometer,  dekameter, meter, desimeter, sentimeter, dan millimeter.
-          Siswa dengan guru melakukan tanya jawab tentang susunan dan nama satuan panjang pada gambar tangga satuan panjang yang telah dibuat.
-          Guru menjelaskan cara menghitung perhitungan dengan satuan panjang kilometer, hektometer,  dekameter, meter, desimeter, sentimeter, dan millimeter.
-          Siswa dengan bantuan guru mencoba menyelesaikan beberapa soal latihan perhitungan yang berkaitan dengan satuan panjang kilometer, hektometer,  dekameter, meter, desimeter, sentimeter, dan millimeter.
-          Dengan intruksi guru perwakilan siswa maju kedepan untuk menuliskan jawaban latihan soal latihan yang telah dikaerjakan didepan kelas.
-          Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang berani maju kedepan dengan mengajak siswa yang lainnya bertepuk tangan bersama.
-          Guru membagikan lembar kerja siswa
-          Siswa mengerjakan lembar kerja siswa
Kegiatan Akhir ( 10 Menit )
-          Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan pembelajaran yang telah dilakukan
-          Siswa mengerjakan soal evaluasi yang dibagikan guru
-          Guru memberikan penguatan kepada siswa tentang materi yang dipelajari
-          Guru meminta ketua kelas untuk memimpin doa pulang
-          Guru mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan salam

  1. Media dan sumber belajar
Media                          : penggaris
Sumber belajar            : Buku Matematika kelas 4
                                    Karya              : Burhan Mustaqin dan Ary Astuty
                                                Penerbit           : Pusat Perbukuan
                                                Halaman          : 85-86
  1. Penilaian
1.      Prosedur
a.       Penilaian Proses                : Lembar pengamatan sikap
b.      Penilaian Hasil Belajar      :Tes tertulis (terlampir)
2.      Instrumen Penilaian
a.       Penilaian Proses                : Lembar pengamatan sikap
b.      Penilaian hasil belajar        : Isian
Kuningan, 12 Oktober 2016
Mengetahui,                                                                            Mahasiswi      
Guru Kelas IV,                                                                            PPL                                                    


Suwartinah,S.Pd.SD                                                       Atik Sukmawati                   
NIP.196908221982012002                                              NIM.2013151018
BAHAN AJAR
Menentukan Hubungan Antar Satuan Panjang
Mari kita pelajari kembali satuan-satuan panjang yang baku, dan coba tuliskanlah!
tangga-konversi-panjang.jpg
Sekarang, mari kita lakukan perhitungan dengan satuan panjang. Coba kamu perhatikan contoh berikut.
1.      3 km = …. m
Jawab: 1 km = 1.000 m
            3 km = 3 x 1.000 m
                     = 3.000 m
2.      7.500 cm = …. m
Jawab:  = 75 m
3.      3 km + 2 hm = … dam
Jawab: 3 km = 300 dam
            2 hm = 20 dam
            3 km + 2 hm = 300 + 20 dam = 320 dam













LEMBAR KERJA SISWA
isilah titik-titik di bawah ini dengan baik dan benar!
1.      16 hm + 25 dam = ….. m
2.      550 cm + 2.000 mm = ….dm
3.      2 km + 4 hm = … dam
4.      4 hm + 5 dm = … dm
5.      65 dam + 235 dm = … cm



























KISI-KISI SOAL
Standar Kompetensi : 3. Memahami dan menggunakan faktor dan kelipatan dalam pemecahan masalah.
Kelas                           : IV
Tanggal                       : 12 Oktober 2016
KD
Indikator
Materi
Indikator soal
Bentuk soal
Ranah
No soal
3.2menentukan hubungan antar satuan  waktu, antar  satuan panjang, dan antar satuan berat.

·      Mengenal macam-macam satuan panjang kilometer, hektometer,  dekameter, meter, desimeter, sentimeter, dan millimeter.
·      Menyebutkan satuan panjang kilometer, hektometer,  dekameter, meter, desimeter, sentimeter, dan millimeter.
·      Menghitung operasi perhitungan dengan satuan panjang kilometer, hektometer,  dekameter, meter, desimeter, sentimeter, dan millimeter.
Menentukan hubungan antar satuan panjang kilometer, hektometer,  dekameter, meter, desimeter, sentimeter, dan millimeter
Disajikan dalam bentuk soal isian, siswa dapat menyelesaikan soal perhitungan  dengan satuan panjang.
Isian
C3
1-10


SOAL EVALUASI
Nama               :
Kelas               :IV
Tanggal           : 12 Oktober 2016

Kerjakanlah soal dibawah ini dengan baik dan benar!
1.      40 km = … dam
2.      750 dam = …. m
3.      30 cm = …. mm
4.      250 dm = … mm
5.      8 hm = …. dm
6.      25000cm = …. dam
7.      32000 mm = … m
8.      700 dm = … dam
9.      160 cm = …m
10.  2000 dm = … hm


















KUNCI JAWABAN LEMBAR KERJA SISWA
1.      16 hm + 25 dam = ….. m
Jawaban:    16 hm = 16 x 100 m = 1600 m
                   25 dam = 25 x 10 = 250 m
16    m + 25 dam = 1600 + 250 m = 1850 m
2.      550 cm + 2.000 mm = ….dm
Jawaban:    550 cm = 550 : 10 dm = 55 dm
2000 mm = 2000 : 100 dm = 20 dm
550 cm + 2000 mm = 55 + 20 dm = 75 dm
3.      2 km + 4 hm = … dam
Jawaban:    2 km = 2 x 100 dam = 200 dam
                   4 hm = 4 x 10 dam = 40 dam
2        km + 4 hm = 200 + 40 dam = 240 dam
4.      4 hm + 5 dm = … dm
Jawaban:    4 hm = 4 x 1000 dm = 4000 dm
                   4 hm + 5 dm = 4000 + 5 = 4005 dm
5.      65 dam + 235 dm = … cm
Jawaban:    65 dam = 65 x 1000 cm = 65000 cm
                   235 dm= 235 x 10 cm = 2350 cm
                   65 dam + 235 dm = 65000 cm + 2350 cm = 67350 cm














KUNCI JAWABAN LEMBAR EVALUASI
1.      40 km = 4000 dam
2.      750 dam = 7500 m
3.      30 cm = 300 mm
4.      250 dm = 25000 mm
5.      8 hm = 80000 dm
6.      25000cm =25 dam
7.      32000 mm = 32 m
8.      700 dm = 7 dam
9.      160 cm = 1,6 m
10.  2000 dm = 2  hm























PEDOMAN PENILAIAN
No
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Pengetahuan
Perlu Bimbingan
1


Cukup
2


Baik
3


Sangat Baik
4
2.
Prakter
Aktif
1


Kadang-Kadang
2


Tidak Baik
3
3.
Sikap
Baru Terlihat
1


Mulai Terlihat
2


Mulai Berkembang
3


Sudah Membudaya
4




















LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.







2.







3.







4.







5.







6.







7.







8.







9.







10.







11.







12.







13.







14.







15.







16.







17.







18.







19.







20.







21.







22.







22.







23.







24.







25.







26.







27.







28.







 29.







30.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar