RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
TEMATIK
Nama
Sekolah : SDN 5 KUNINGAN
Tema : KESEHATAN
Kelas/Semester : II/1
Waktu : 3 x 35
menit
Hari,
Tanggal : Kamis, 3 November 2016
Mata
Pelajaran : Tematik
A. STANDAR KOMPETENSI
Matematika
2. Menggunakan pengukuran waktu, panjang, dan berat
dalam pemecahan masalah
B.Indonesia
2. Menulis permulaan melalui
kegiatan melengkapi cerita dan dikte
B. KOMPETENSI DASAR
Matematika
2.3
Menggunakan alat ukur berat
B.Indonesia
2.2 Menulis kalimat sederhana dengan menggunakan
hurup tegak bersambung dan memperhatikan penggunaanhurup capital dan tanda
titik
C. INDIKATOR
Matematika
-
Menentukan berat benda : lebih berat,
lebih ringan atau sama berat dengan benda yang lain
-
Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan berat benda
B.Indonesia
-
Menulis kalimat sederhana menggunakan
hurup tegak bersambung
-
Menulis kegiatan siswa dari bangun tidur
sampai tidur lagi
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Matematika
-
Siswa dapat menulis kalimat sederhana
menggunakan hurup tegak bersambung
-
Siswa dapat menulis kegiatan siswa dari
bangun tidur sampai tidur lagi
B.Indonesia
-
Siswa dpat menulis kalimat sederhana
menggunakan hurup tegak bersambung
-
Siswa dapat menulis kegiatan siswa dari
bangun tidur sampai tidur lagi
E.
METODE PEMBELAJARAN
Model :
Contextual Teaching Learning (CTL)
Pendekatan : Tematik
Metode :
- Ceramah,
- Tanya
jawab
- Demonstrasi
- Penugasan
F.
MATERI PEMBELAJARAN
Matematika
-
Menentukan benda yang lebih berat, lebih
ringan, atau sama dengan dengan benda yang lain.
B. Indonesia
- Membuat
kalimat sederhana dengan huruf tegak bersambung.
G.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal
(15 menit)
-
Guru masuk ke kelas dan mengucapkan
salam.
-
Guru meminta ketua kelas untuk memimpin
doa.
-
Guru melakukan pengabsenan
-
Guru mengondisikan siswa dan memotivasi
siswa menuju kearah belajar.
-
Guru melakukan apersepsi berupa nyanyian
“bangun tidur”
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegiatan
Inti (80 menit)
-
Guru menampilkan peralatan mandi sebagai media
-
Siswa mengamati gambar peralatan mandi
-
Siswa dan guru melakukan tanya jawab tentang nama-nama
peralatan mandi
-
Guru membagi kelompok yang beranggotakan 5 orang
secara heterogen
-
Siswa
memberikan
lembar kerja siswa pada setiap kelompok untuk membandingkan berat peralatan
mandi
-
Setiap kelompok diminta membacakan hasil
pengamatan di depan kelas
-
Guru bersama siswa memberikan reward
kepada kelompok yang sudah membacakan lembar kerja siswa di dapan kelas
-
Guru meminta siswa kembali ke tempat
duduk semula
-
Guru bersama siswa menyanyikan kembali
lagu “bangun tidur”
-
Guru meminta siswa untuk membuat kalimat
dari peralatan mandi yang dibawa guru
-
Guru meminta siswa untuk membacakan
kalimat yang telah dibuat di depan kelas
-
Guru bersama siswa memberikan reward
kepada siswa yang sudah membacakan kalaimat yang sudah dibuat di dapan kelas
Kegiatan
Akhir (15 Menit)
-
Siswa bersama guru menyimpulkan materi
pembelajaran yang telah dilaksanakan.
-
Guru memberikan penguatan
-
Guru memberikan tindak lanjut dengan
memberi tugas kepada seluruh siswa
-
Guru meminta ketua kelas untuk memimpin
doa sebelum pulang
-
Guru mengakhiri pembelajaran dengan
mengucapkan salam
H. ALAT
DAN SUMBER BELAJAR
Media:
·
Gambar
Sumber
Belajar :
Matematika
-
Bina Prestasi Matematika
Penerbit : CV. Larassukma
Karangan
: Dra. Hindun Wuryani
Halaman : 39-40
B.
Indonesia
- Bina
prestasi
Penerbit : CV. Larassukma
Pengarang : Dra. Hindun Wuryani
Halaman : 43
I.
PENILAIAN
a. Jenis tes : Tulisan
b. Bentuk tes :
-
Tes tulis, soal-soal uji kompetensi
dalam bentuk isian
c. Prosedur : Post test
d. Instrumen : Lembar pengamatan (terlampir), soal isian
(terlampir)
Aspek
yang diamati
-
Aspek
Kognitif
Komponen
yang dinilai meliputi kemampuan menjawab soal isian pada saat tes.
-
Aspek
afektif (sikap)
Komponen
yang meliputi kerjasama, disiplin dan keaktifan
-
Psikomotor
Komponen
yang dinilai meliputi kreatifitas siswa dalam membuat kalimat.
BAHAN AJAR
Matematika
1. Menentukan benda
yang lebih berat, lebih ringan, atau sama berat dengan benda yang lain
Setiap
benda mempunyai berat benda, kita dapat mengukur berat benda dengan cara
mengangkat benda itu dengan kedua tangan kita.
Contoh :
Pegang
kaleng susu di tangan kananmu. Pegang kertas di tangan kiri mu. Bandingkan mana
yang lebih berat dan mana yang lebih ringan ?
untuk
lebih memahami, perhatikan timbangan dibawah ini !
a. Posisi
buku lebih rendah daripada kecamata. Ini berarti buku lebih berat dari
kecamata.
b. Posisi
buah tomat lebih tinggi dari posisi buah manga. Ini berarti tomat lebih ringan
dari pada buah manga.
c. Posisi
kedua bola sama tinggi. Ini berarti bahwa kedua bola sama berat.
B.Indonesia
Menulis
Penggunaan
hurup capital dalam penulisan Tempat : desa, kota, nama pulau, Negara
Contohnya
:
·
Ibu
kota Indonesia adalah Jakarta
·
Ratna
tinggal di desa Suka Maju
KISI-KISI
SOAL
Tema : Kesehatan
Mata
Pelajaran : Tematik
Kelas : II/1
Tanggal : 3 November 2016
KD
|
Indikator
|
Materi
|
Indikator soal
|
Bentuk soal
|
Ranah
|
No soal
|
Matematika
2.3 Menggunakan alat ukur berat
B.Indonesia
2.2
Menulis kalimat sederhana dengan menggunakan hurup tegak bersambung dan
memperhatikan penggunaanhurup capital dan tanda titik
|
·
Melalui isian siswa dapat Menentukan
berat benda : lebih berat, lebih ringan atau sama berat de
·
Menulis isian siswa dapatmembuat
kalimat tegak bersambung dari daftar kegiatan bangun tidur sampai tidur lagi
|
·
Menentukan benda yang lebih berat, lebih ringan,
atau sama berat dengan benda yang lain.
· Menulis dengan
huruf tegak bersambung
|
Disajikan dalam bentuk isian siswa
dapat membandingkan berat benda
Disajikan dalam bentuk isian siswa
dapat menulis daftar kegiatan dari mulai bangun tidur sampai tidur lagi
|
Isian
|
C1
C2
|
1-4
5
|
LEMBAR KERJA SISWA
MATEMATIKA
Kelompok
Nama :
1.
……………..
2.
……………..
3.
……………..
4.
……………..
5.
……………..
Isilah table di bawah ini dengan pernyataan lebih ringan, lebih
berat atau sama berat !
No
|
Nama
Benda
|
Perbandingan
|
|
Nama
benda
|
1
|
Sabun
|
Lebih berat
|
dari
|
Pasta gigi
|
2
|
Sabun
|
………………….
|
dari
|
Sikat gigi
|
3
|
Sabun
|
………………….
|
dari
|
Sampo
|
4
|
Pasta gigi
|
………………….
|
dari
|
Sikat gigi
|
5
|
Pasta gigi
|
………………….
|
dari
|
Sampo
|
6
|
Sikat gigi
|
………………….
|
dari
|
Sampo
|
LEMBAR KERJA SISWA
BAHASA INDONESIA
Buatlah kalimat dengan menggunakan kata dibawah ini dengan
menggunakan tulisan tegak bersambung !
1.
Sabun
2.
Pasta gigi
3.
Sampo
4.
Sikat gigi
Lembar Evaluasi
Nama :
Kelas :
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan
benar
1.
Satu buah
sabun lebih ……… dari pasta gigi
2.
Sebuah pensil
lebih ………….. dari sebuah buku
3.
Sebuah
penghapus lebih …………. dari sebuah pensil
4.
Sebuah buku
lebih ………….. dari sebuah penghapus
5.
Buatlah daftar
kegiatan dari bangun tidur sampai tidur lagi!
Jawaban
1.
Berat
2.
Ringan
3.
Berat
4.
Berat
5.
Mandi, sarapan, sekolah, pulang
sekolah, makan, ngaji, mandi, sholat, mengerjakan PR, dan tidur.
PEDOMAN
PENILAIAN
Tema
: Kesehatan
Kelas/
Semester : II/1
No
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Skor
|
1
|
Kognitif
|
Apabila jawaban benar
|
20
|
2
|
Apabila jawaban benar
|
20
|
|
3
|
Apabila jawaban benar
|
20
|
|
4
|
Apabila jawaban benar
|
20
|
|
5
|
Apabila jawaban benar
|
20
|
|
|
Jumlah
|
100
|
No
|
Aspek
|
Dekripsi
|
Skor
|
Keterangan
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
|
|||
1.
|
Afektif
|
Kerjasama
|
|
|
|
|
|
Disiplin
|
|
|
|
|
|
||
Keaktifan
|
|
|
|
|
|
||
2.
|
Psikomotorik
|
Kreativitas
dalam membuat kalimat
|
|
|
|
|
|
NLAI AKHIR = x 100
Tidak ada komentar:
Posting Komentar