Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
(
RPP )
Nama Sekolah : SDN 5 Kuningan
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : IV / I
Alokasi Waktu : 2 x 35 Menit
Hari, Tanggal : Selasa, 18 Oktober 2016
- Standar Kompetensi
3.
Memahami dan menggunakan faktor dan kelipatan dalam pemecahan masalah.
- Kompetensi Dasar
3.2
menentukan hubungan antar satuan waktu,
antar satuan panjang, dan antar satuan
berat.
- Indikator
·
Mengenal macam-macam satuan kuantitas pemahaman
sehari-hari
·
Mendiskusikan satuan kuantitas seperti 1
lusin berapa buah
·
Menghitung satuan kuantitas dengan benar
- Tujuan
·
Melalui penjelasan siswa dapat
menentukan satuan kuantitas permasalahan sehari-hari
·
Melalui diskusi kelompok siswa dapat
menentukan satuan kuantitas seperti 1 lusin berapa buah
·
Melalui penjelasan guru siswa dapat mengerjakan
satuan kuantitas dengan benar
- Materi
Menentukan
hubungan antar satuan-satuan kuantitas
1 lusin = 12 buah
1 gros = 12 lusin
1 kodi = 20 lembar
1 rim = 500 lembar
- Metode pembelajaran
Model : Contekstual Teaching Learning (CTL)
Metode:
- Tanya jawab
- Ceramah
- Penugasan
- Diskusi
- Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiantan Awal ( 10 Menit )
- Guru
masuk ke kelas dan mengucapkan salam.
- Guru
meminta ketua kelas untuk memimpin doa.
- Guru
melakukan pengabsenan
- Guru
mengondisikan siswa dan memotivasi siswa menuju kearah belajar.
- Guru
melakukan apersepsi berupa tanya jawab tentang materi yang telah diajarkan
untuk mengaitkan materi yang lalu dengan materi yang akan disampaikan.
- Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegiatan
Inti (50 Menit )
-
Guru menjelaskan tentang satuan
kauntitas dan hubungannya dengan
permasalahan sehari-hari.
-
Siswa mengamati gambar yang di jelaskan
guru tentang satuan kuantitas seperti 1 lusin= …buah.
-
Siswa dengan bantuan guru mencoba
menyelesaikan beberapa soal latihan perhitungan yang berkaitan dengan satuan lusin,
gros, kodi, dan rim
-
Siswa di bagi kedalam 4-5 kelompok
secara heterogen
-
Guru memberikan lembar kerja siswa untuk
di diskusikan
-
Siswa dengan bimbingan guru melakukan
diskusi untuk mengerjakan lembar kerja siswa.
-
Guru meminta perwakilan setiap krlompok
satu orang mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas dengan menuliskan
jawabannya di depan kelas
-
Siswa bersama guru melakukan tanya jawab
tentang hal-hal yang belum dimengerti siswa
Kegiatan Akhir ( 10 Menit )
-
Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan
pembelajaran yang telah dilakukan
-
Siswa mengerjakan soal evaluasi yang
dibagikan guru
-
Guru memberikan penguatan kepada siswa
tentang materi yang dipelajari
-
Guru meminta ketua kelas untuk memimpin
doa pulang
-
Guru mengakhiri pembelajaran dengan
mengucapkan salam
- Media dan sumber belajar
Media : gambar satuan
kuantitas dan hubungannya.
Sumber
belajar : Buku Matematika kelas
4
Karya : Burhan Mustaqin dan Ary Astuty
Penerbit : Pusat Perbukuan
Halaman : 85-86
- Penilaian
1. Prosedur penilaian
a.Tes akhir
2. Jenis test
a. tertulis
3. Bentuk test
a. Isian singkat
BAHAN
AJAR
1.
Satuan Kuantitas dan Hubungannya
Ibu ema pergi ke supermarket
membeli 1 gros sendik, dan 10 lusin piring untuk keperluan dapur. Beliau juga
membeli 10 kodi sapu tangan dan 1 rim kertas putih. Dapatkah
kamu menyebutkan berapa buah sendok dan piring yang ddibeli ibu ema serta
berapa lembar sapu tangan dan kertas putih ?
Mari kita pelajari kembali satuan-satuan kuantitas
dan coba tuliskanlah!
1 lusin = 12 buah
1 gros = 12 lusin
1 kodi = 20 lembar
1 rim = 500 lembar
contoh berikut.
1.
3 lusin pensil = …. Buah pensil
Jawab:
1 lusin = 12 buah
3 lusin = 3 x 12
= 36 lusin
2.
4 gros jarum = …. Buah jarum
Jawab:
1 gros = 12 lusin
12
x 12 = 144 Buah
4
gros = 4x 144
= 576 Buah
3.
3 kodi kain batik = … lembar kain batik
Jawab:
1 kodi = 20 lembar
3 kodi = 3x 20 lembar
=
60 lembar
LEMBAR
KERJA SISWA
isilah
titik-titik di bawah ini dengan baik dan benar!
1.
5 lusin mangkok = ….. buah mangkok
2.
24 lusin kapur = ….gros kapur
3.
288 buah paku = … gros paku
4.
100 lembar pakaian = … kodi pakaian
5.
9 rim kertas = … lembar kertas
KISI-KISI
SOAL
Standar
Kompetensi : 3. Memahami dan menggunakan faktor dan kelipatan dalam pemecahan
masalah.
Kelas : IV
Tanggal : 12 Oktober 2016
KD
|
Indikator
|
Materi
|
Indikator soal
|
Bentuk soal
|
Ranah
|
No soal
|
3.2menentukan
hubungan antar satuan waktu,
antar satuan panjang, dan antar satuan
berat.
|
· Mengenal
macam-macam satuan kuantitas pemahaman sehari-hari
· Mendiskusikan
satuan kuantitas seperti 1 lusin berapa buah
· Menghitung
satuan kuantitas
|
Meentukan
hubungan antar satuan-satuan kuantitas
1 lusin = 12 buah
1 gros = 12 lusin
1 kodi = 20 lembar
1 rim = 500 lembar
|
Disajikan dalam
bentuk soal isian, siswa dapat menyelesaikan soal perhitungan dengan satuan kuantitas.
|
Isian
|
C1
C2
C3
|
1-3
|
SOAL
EVALUASI
Nama :
Kelas :IV
Tanggal : 12 Oktober 2016
Kerjakanlah
soal dibawah ini dengan baik dan benar!
1.
Setiap hari, sekolah menghabiskan 6 rim
kertas, berapa lembar kertas yang dihasilkan sekolah dalam 5 hari?
2.
Seorang penjahit dapat menjahit 7 kodi
pakaian anak-anak setiap minggu. Berapa lembar pakaian yang dapat ia jahit
dalam 1 hari?
3.
Marbun dan ibunya membeli 4 lusin buah
tulis, 2 lusin pensil dan 2 kodi pakaian untuk disumbangkan kepada anak-anak
korban bencana. Berapa buah barang-barang yang di beli marbundan ibunya?
KUNCI
JAWABAN
LEMBAR
KERJA SISWA
1. 5
lusin mangkok = ….. buah mangkok
Jawab
: 1 lusin = 12 buah
5 lusin = 5 x 12
= 60 lusin
2.
24 lusin kapur = ….gros kapur
Jawab
: 12 lusin = 1 gros
24 : 12 = 2 gros
3.
288 buah paku = … gros paku
Jawab
: 12 buah = 1 lusin
288 buah paku = 288 : 12
= 24 lusin
12 lusin = 1 gros
24 lusin = 24 : 12
= 2 gros
4.
100 lembar pakaian = … kodi pakaian
Jawab
: 20 lembar = 1 kodi
100 lembar = 100 : 20
= 5 kodi pakaian
5.
9 rim kertas = … lembar kertas
Jawab
: 1 rim = 500 lembar
9 rim = 9 x 500
= 4500 lembar kertas
KUNCI
JAWABAN
LEMBAR
EVALUASI
1.
Dik : setiap hari sekolah menghabiskan 6
rim
Dit
: berapa lembar kertas yang dihabikan sekolah selama 5 hari?
Jawab
: 1 rim = 500 lembar
6
rim = 6 x 500 = 3000 lembar
=
3000 x 5 = 15000
Jadi 1500 lembar kertas yang
dihabiskan sekolah selama 5 hari
2.
Dik : 7 kodi pakaaian anak setiap minggu
Dit : berapa lembar pakaian yang dapat ia jahit
dalam sehari?
Jawab : 1 kodi =
20 lembar
7 kodi = 7 x 20
= 140
= 140 : 7 = 20
lembar
Jadi 20 lembar pakaian yang dapat
ia jahit selama 1 hari
3. Dik : 4 lusin buku tulis
2 lusin pensil
2 kodi pakaian
Dit : berapa
buah barang-barang yang dibeli marbun dan ibunya?
Jawab : 4 + 2 =
6
1 kodi = 20
lembar
2 kodi = 2 x 20
= 40
=6 + 40 = 46
Jadi barang-barang yang dibeli
marbun dan ibunya adalah 46 buah
PEDOMAN
PENSKORAN
Kelas/Semester : IV/I
No
|
Deskripsi
|
Skor
|
1
|
Apabila jawaban benar
|
40
|
2
|
Apabila jawaban benar
|
30
|
3
|
Apabila jawaban benar
|
30
|
|
Jumlah
|
100
|
NLAI
AKHIR =
x 100
Mengetahui
Guuru Pamong
Suwartinah,S.Pd.SD
NIP
: 195908221982012002
|
|
Kuningan,
18 Oktober 2016
Mahasiswa
Eki Permana
Nim : 2013151051
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar