Sabtu, 22 Juli 2017

Rpp kelas 5 matematika Memahami dan menggunakan faktor dan kelipatan dalam pemecahan masalah



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( RPP )
Nama Sekolah             : SDN 5 Kuningan
Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas / Semester          : IV / I
Alokasi Waktu            : 2 x 35 Menit
Hari, Tanggal              : Selasa, 18 Oktober 2016

  1. Standar Kompetensi
3. Memahami dan menggunakan faktor dan kelipatan dalam pemecahan masalah.

  1. Kompetensi Dasar
3.2 menentukan hubungan antar satuan  waktu, antar  satuan panjang, dan antar satuan berat.

  1. Indikator
·         Mengenal macam-macam satuan kuantitas pemahaman sehari-hari
·         Mendiskusikan satuan kuantitas seperti 1 lusin berapa buah
·         Menghitung satuan kuantitas dengan benar

  1. Tujuan
·         Melalui penjelasan siswa dapat menentukan satuan kuantitas permasalahan sehari-hari
·         Melalui diskusi kelompok siswa dapat menentukan satuan kuantitas seperti 1 lusin berapa buah
·         Melalui penjelasan guru siswa dapat mengerjakan satuan kuantitas dengan benar

  1. Materi
Menentukan hubungan antar satuan-satuan kuantitas
              1 lusin = 12 buah
              1 gros = 12 lusin
              1 kodi = 20 lembar
              1 rim    = 500 lembar
  1. Metode pembelajaran
Model  : Contekstual Teaching Learning (CTL)
Metode: -   Tanya jawab
-     Ceramah
-     Penugasan
-     Diskusi

  1. Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiantan Awal ( 10 Menit )
-       Guru masuk ke kelas dan mengucapkan salam.
-       Guru meminta ketua kelas untuk memimpin doa.
-       Guru melakukan pengabsenan
-       Guru mengondisikan siswa dan memotivasi siswa menuju kearah belajar.
-       Guru melakukan apersepsi berupa tanya jawab tentang materi yang telah diajarkan untuk mengaitkan materi yang lalu dengan materi yang akan disampaikan.
-       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti (50 Menit )
-          Guru menjelaskan tentang satuan kauntitas  dan hubungannya dengan permasalahan sehari-hari.
-          Siswa mengamati gambar yang di jelaskan guru tentang satuan kuantitas seperti 1 lusin= …buah.
-          Siswa dengan bantuan guru mencoba menyelesaikan beberapa soal latihan perhitungan yang berkaitan dengan satuan lusin, gros, kodi, dan rim
-          Siswa di bagi kedalam 4-5 kelompok secara heterogen
-          Guru memberikan lembar kerja siswa untuk di diskusikan
-          Siswa dengan bimbingan guru melakukan diskusi untuk mengerjakan lembar kerja siswa.
-          Guru meminta perwakilan setiap krlompok satu orang mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas dengan menuliskan jawabannya di depan kelas
-          Siswa bersama guru melakukan tanya jawab tentang hal-hal yang belum dimengerti siswa
Kegiatan Akhir ( 10 Menit )
-          Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan pembelajaran yang telah dilakukan
-          Siswa mengerjakan soal evaluasi yang dibagikan guru
-          Guru memberikan penguatan kepada siswa tentang materi yang dipelajari
-          Guru meminta ketua kelas untuk memimpin doa pulang
-          Guru mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan salam

  1. Media dan sumber belajar
Media                          : gambar satuan kuantitas dan hubungannya.
Sumber belajar            : Buku Matematika kelas 4
                                    Karya              : Burhan Mustaqin dan Ary Astuty
                                                Penerbit           : Pusat Perbukuan
                                                Halaman          : 85-86
  1. Penilaian
1.   Prosedur penilaian
a.Tes akhir
2.   Jenis test
a. tertulis
3.   Bentuk test
a. Isian singkat

















BAHAN AJAR

1. Satuan Kuantitas dan Hubungannya

Ibu ema pergi ke supermarket membeli 1 gros sendik, dan 10 lusin piring untuk keperluan dapur. Beliau juga membeli 10  kodi  sapu tangan dan 1 rim kertas putih. Dapatkah kamu menyebutkan berapa buah sendok dan piring yang ddibeli ibu ema serta berapa lembar sapu tangan dan kertas putih ?

Mari kita pelajari kembali satuan-satuan kuantitas dan coba tuliskanlah!
1 lusin   = 12 buah
1 gros    = 12 lusin
1 kodi   = 20 lembar
1 rim     = 500 lembar
contoh berikut.
1.      3 lusin pensil = …. Buah pensil
Jawab: 1 lusin = 12 buah
3 lusin = 3 x 12
                        = 36 lusin
2.      4 gros jarum = …. Buah jarum
Jawab: 1 gros     = 12 lusin
12 x 12   = 144 Buah
4 gros     = 4x 144
               = 576 Buah
3.      3 kodi kain batik = … lembar kain batik
Jawab: 1 kodi   = 20 lembar
3 kodi   = 3x 20 lembar
                          = 60 lembar






LEMBAR KERJA SISWA


isilah titik-titik di bawah ini dengan baik dan benar!

1.      5 lusin mangkok = ….. buah mangkok
2.      24 lusin kapur = ….gros kapur
3.      288 buah paku = … gros paku
4.      100 lembar pakaian = … kodi pakaian
5.      9 rim kertas = … lembar kertas
























KISI-KISI SOAL
Standar Kompetensi : 3. Memahami dan menggunakan faktor dan kelipatan dalam pemecahan masalah.
Kelas                           : IV
Tanggal                       : 12 Oktober 2016
KD
Indikator
Materi
Indikator soal
Bentuk soal
Ranah
No soal
3.2menentukan hubungan antar satuan  waktu, antar  satuan panjang, dan antar satuan berat.

·      Mengenal macam-macam satuan kuantitas pemahaman sehari-hari
·      Mendiskusikan satuan kuantitas seperti 1 lusin berapa buah
·      Menghitung satuan kuantitas
Meentukan hubungan antar satuan-satuan kuantitas
1 lusin   = 12 buah
1 gros    = 12 lusin
1 kodi   = 20 lembar
1 rim     = 500 lembar

Disajikan dalam bentuk soal isian, siswa dapat menyelesaikan soal perhitungan  dengan satuan kuantitas.
Isian
C1






C2






C3
1-3













SOAL EVALUASI
Nama               :
Kelas               :IV
Tanggal           : 12 Oktober 2016

Kerjakanlah soal dibawah ini dengan baik dan benar!

1.      Setiap hari, sekolah menghabiskan 6 rim kertas, berapa lembar kertas yang dihasilkan sekolah dalam 5 hari?
2.      Seorang penjahit dapat menjahit 7 kodi pakaian anak-anak setiap minggu. Berapa lembar pakaian yang dapat ia jahit dalam 1 hari?
3.      Marbun dan ibunya membeli 4 lusin buah tulis, 2 lusin pensil dan 2 kodi pakaian untuk disumbangkan kepada anak-anak korban bencana. Berapa buah barang-barang yang di beli marbundan ibunya?




















KUNCI JAWABAN
LEMBAR KERJA SISWA

1.      5 lusin mangkok = ….. buah mangkok
Jawab : 1 lusin = 12 buah
5 lusin = 5 x 12
                          = 60 lusin
2.      24 lusin kapur = ….gros kapur
Jawab : 12 lusin   = 1 gros
24 : 12    = 2 gros
3.      288 buah paku = … gros paku
Jawab : 12 buah = 1 lusin
288 buah paku = 288 : 12
                          = 24 lusin
12 lusin             = 1 gros
24 lusin             = 24 : 12
                          = 2 gros
4.      100 lembar pakaian = … kodi pakaian
Jawab : 20 lembar = 1 kodi
100 lembar = 100 : 20
= 5 kodi pakaian
5.      9 rim kertas = … lembar kertas
Jawab : 1 rim   = 500 lembar
9 rim = 9 x 500
= 4500 lembar kertas









KUNCI JAWABAN
LEMBAR EVALUASI

1.   Dik : setiap hari sekolah menghabiskan 6 rim
Dit : berapa lembar kertas yang dihabikan sekolah selama 5 hari?
Jawab : 1 rim = 500 lembar
6 rim = 6 x 500 = 3000 lembar
= 3000 x 5 = 15000
Jadi 1500 lembar kertas yang dihabiskan sekolah selama 5 hari
2.   Dik : 7 kodi pakaaian anak setiap minggu
Dit : berapa lembar pakaian yang dapat ia jahit dalam sehari?
Jawab : 1 kodi = 20 lembar
7 kodi = 7 x 20 = 140
= 140 : 7 = 20 lembar
Jadi 20 lembar pakaian yang dapat ia jahit selama 1 hari
3. Dik : 4 lusin buku tulis
2 lusin pensil
2 kodi pakaian
Dit : berapa buah barang-barang yang dibeli marbun dan ibunya?
Jawab : 4 + 2 = 6
1 kodi = 20 lembar
2 kodi = 2 x 20 = 40
=6 + 40 = 46
Jadi barang-barang yang dibeli marbun dan ibunya adalah 46 buah










PEDOMAN PENSKORAN


Kelas/Semester          : IV/I
No
Deskripsi
Skor
1
Apabila jawaban benar
40
2
Apabila jawaban benar
30
3
Apabila jawaban benar
30

Jumlah
100

NLAI AKHIR =  x 100


Mengetahui
Guuru Pamong


Suwartinah,S.Pd.SD
NIP : 195908221982012002   

Kuningan, 18 Oktober 2016
Mahasiswa

Eki Permana
Nim : 2013151051




Rpp

Tidak ada komentar:

Posting Komentar