RECANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SD
5 Kuningan
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VI/I
Alokasi Waktu : 2 X
35 Menit
A. STANDAR KOMPETENSI
3. Menghitung luas segi
banyak yang merupakan gabungan dari dua bangun datar sederhana
B. KOMPETENSI DASAR
3.1 menghitung luas
lingkaran
C. INDIKATOR
1.
Mencari rumus luas lingkaran
dengan menggunakan prinsip luas persegi panjang
2.
Mengukur keliling dan dianetern: roda
sepeda, tong atau kaleng minyak, kaleng susu
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
·
Melalui gambar siswa dapat mengetahui
rumus keliling dan diameter
·
Melalui penjelasan dari guru tentang
mengekur keliling dan diameter, siswa dapat mengukur keliling dan diameter
dengan tepat
·
Melalui
diskusi dalam kelompok dengan menggunakan model lingkaran yang terbuat dari
karton, siswa dapat menemukan rumus luas lingkaran
·
Melalui
penugasan dan permainan, siswa dapat memecahkan masalah dengan menggunakan
rumus luas lingkaran yang telah ditemukan secara tepat.
E.
MATERI PEMBELAJARAN
1.
Menemukan Secara Praktis Rumus Luas Lingkaran
Dengan
menggunakan lingkaran yang dipotong menjadi beberapa bagian kecil (juring) dan
dibentuk menjadi bangun persegi panjang kita dapat menentukan luas lingkaran
dengan prinsip luas persegi panjang. Dengan panjang x keliling
lingkaran dan lebarnya adalah jari-jari lingkaran.
P = x keliling lingkaran
= x 2 x π x r
l = jari-jari lingkaran = r
L = p x l
= x 2 x π x r x r
L = π x r2
= πr2
Jadi rumus luas
lingkaran adalah L = π x r2
Tentukan
nilai phi (π) yang tepat, ini akan sangat membantu menghitung. Untuk nilai
jari-jari kelipatan dari 7 seperti 7, 14, 21, 49 gunakanlah 22/7. Sedangkan
untuk kelipatan 10, 100, 50, gunakan saja 3,14. Itu akan sangat memudahkan
sobat. Terus kalau selain itu gimana? Jika nilai radius (jari2) nya bilangan
pecahan biasa atau angka bulat pakai saja 22/7 dan jika pecahan desimal baru
pakai phi (π) 3,14.
2.
Menghitung luas lingkaran
menggunakan jari-jari
Rumus
: Luas lingkaran = π x
jari-jari x jari-jari
= π x r x r
= π r2
Contoh soal
1.
Tentukan
luas lingkaran gambar di bawah ini :
Jawaban
Diketahui
:
r
= 7 cm
π
= 3,14
L
= π x r2
=
3,14 x (7 cm) = 3,14 x 14 cm = 43,96 cm
r
= 7 cm
π
=
L
= π x r2
=
x (7 cm) =
x 14
cm = 44cm
2. Menghitung
luas lingkaran menggunakan diameter
Diketahui
: d = 10 cm
π = 3.14
Ditanyakan : Luas lingkaran = …..
L =
πd2
L =
x
3.14 x 10 cm x 10 cm
L = 78,5 cm2
F. METODE PEMBELAJARAN
1.
Ceramah
2.
Tanya jawab
3.
Diskusi
G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Mengajak siswa berdoa menurut
ajaran agamanya masing-masing
2.
Mengabsen siswa
3.
Mengkondisikan siswa
4.
Guru memotivasi siswa dengan cara
bernyayi “Lingkaran kecil, Lingkaran kecil, Lingkaran besar. Diberi pisang,
diberi pisang, lalu dimakan. Enam, enam, tiga puluh enam. Enam, enam, diberi
sudut (Apersepsi)
5.
Guru mempersiapkan gambar dan
memperlihatkan gambar tersebut kepada siswa lalu menanyakan kepada siswa
gambar apa saja yang bapa bawa seperti gambar roda sepeda, tong atau kaleng
minyak, kaleng susu
|
10 Menit
|
Inti
|
1.
Guru dengan menggunakan gambar lingkaran yang dipotong menjadi
beberapa bagian kecil (juring) dan dibentuk menjadi bangun persegi panjang dapat
menentukan luas lingkaran dengan prinsip luas persegi panjang. Dengan panjang
x keliling lingkaran dan lebarnya adalah jari-jari lingkaran. Siswa dpat
mengetahui rumus luas lingkaran
2. Guru
memberikan beberapa contoh soal untuk mencari luas lingkaran
3.
Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya mengenai
materi pelajaran yang belum dipahami.
4.
Guru membagi siswa kedalam 6 kelompok, 1 kelompok
terdiri dari 4-5 orang secara heterogen
5.
Guru memberikan soal tentang luas lingkaran kepada
setiap kelompok
6.
Guru memberikan waktu kepada siswa 10 menit untuk
mendiskusikan soal yang guru berikan
7.
Guru meminta perwakilan satu orang dari setiap
kelompok untuk mengerjakan jawaban tersebut di papan tulis
|
45 Menit
|
Penutup
|
1.
siswa dan guru menyimpulkan
materi yang sudah dipelajari tentang menghitung luas lingkaran
2.
guru memberikan pekerjaan rumah
kepada siswa
3.
guru menutup pelajaraan dengan
membacakan doa
|
15 Menit
|
H. SUMBER/ALAT PERAGA
1.
Sumber
·
Buku Pelajaran
Matematika “Terampil Berhitung Matematika untuk SD kelas VI”, Tim Bina Karya
Guru, Erlangga
·
Internet
2.
Alat Peraga
·
Gambar berbentuk lingkaran
·
Gunting
I. PENILAIAN / EVALUASI
1. Prosedur
a. Penilaian Proses :
Lembaran Pengamatan Sikap
b. Penilaian Hasil Belajar : Tes tertulis (terlampir)
2. Instrumen
Penilaian
a. Penilaian Proses :
Lembar pengamatan sikap
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay terbatas dan produk
3. :Lembar
Pengamatan Siswa
Kegiatan Berdiskusi Dinilai Dengan
Rubik
Kriteria
|
Bagus
Sekali
|
Cukup
|
Berlatih
Lagi
|
Mendengarkan
|
Selalu
mendengarkan teman berbicara
3
|
Mendengarkan
teman yang berbicara namun sekali masih perlu diingatkan
2
|
Masih
perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang bebicara
1
|
Komunikasi
non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, dan suara
|
Merespon
dan menerapkan komunikasi nonverbal dengan tepat
3
|
Merespon
dengan tepat tetap komunikasi nonverbal yang ditunjukan teman
2
|
Membutuhkan
bantuan dalam memahami bentuk komunikasi nonverbal yang ditunjukan teman
1
|
Partisipasi
(menyampaikan ide, perasaan, dan pikiran)
|
Isi
pembicaraan menginspiransi teman. Selalu mendukung dan meminpin lainnya saat
berdiskusi
3
|
Berbicara
dan menerangkan secara rinci. Merespon sesuai dengan topik
2
|
Jarang
berbicara pada saat berdiskusi berlangsung
1
|
Keruntutan
berbicara
|
Menyampaikan
pendapat secara runt dari awal hingga akhir
3
|
Menyampaiakn
pendapatnya secara runtut, tetapi belum konssisten
2
|
Masih
perlu berlatih untuk berbicara secara runtut
1
|
Lembar Pengamatan Sikap
No
|
Nama
|
Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Agung
Budi Wicaksono
|
||||
2
|
Aliya
Fadilah Putri
|
||||
3
|
Ananda
Meysa Nurachman
|
||||
4
|
Annisa
Nurhaliza
|
||||
5
|
Dava
Atha Nurrachman
|
||||
6
|
Deyan
Adam Nuryanto
|
||||
7
|
Dhafa
Rizky Pratama
|
||||
8
|
Dimas
Jaya Saputra
|
||||
9
|
Febriyansyah
tyrta nugraha
|
||||
10
|
Fiqry
Ilham Nugraha
|
||||
11
|
Handini
Dewitri
|
||||
12
|
Kaisar
|
||||
13
|
Khalisha
Naila Adzar
|
||||
14
|
Maya
Hasna Halifah
|
||||
15
|
Nafhan
Dzikran Nugraha
|
||||
16
|
Nur
Ihsan Khaerudin
|
||||
17
|
Priska
Zendititisya Dewantie
|
||||
18
|
Raefhan
Adzni Nurakbar
|
||||
19
|
Regita
Cahyani Maulina
|
||||
20
|
Regitha
Pancarani
|
||||
21
|
Dzikri
Aria Fauzan
|
||||
22
|
Irvan
hiryana yusuf
|
||||
23
|
Alyson
Fiona
|
||||
24
|
Regitha
Cahya Dewi
|
||||
25
|
Muhammad
Zulfan Abrorra
|
||||
26
|
Hilma
Apriliani
|
||||
27
|
Aina
Almardhyah
|
||||
28
|
Nayla
Turizqy Siti N
|
||||
29
|
Tama
Alwan Akhfaitar
|
Penilaian
:
x
10 =
PEDOMAN PENILAIAN
No
|
Kriteria
|
Total
|
Nilai
Akhir
|
1
|
Penyajian Dalam Tabel
|
0-60
|
|
2
|
Pembuatan Grafik (produk)
|
0-60
|
|
Jumlah
|
Penkoran
Grafik
Kriteria Skor
|
Sesuai Dengan data
60
|
Kadang sesuai dengan data
30-50
|
Tidak sesuai dengan data
20
|
Pedoman
Penilaian
Nilai
Akhir : (skor yang diperoleh : Jumlah
skor) x 100
Catatan : Setiap Jawaban yang benar mendapat
nilai 10, Jawaban yang tidak diisi mendapat nilai 0
Mengetahui
Guru
Kelas
Maskunah
Hendriyani S.Pd
Nip : 19706809200612008
|
Kuningan, 03 Oktober
2016
Mahasiswa
Eki
Permana
Nim
: 2013151051
|
KISI-KISI
SOAL
Nama
Sekolah :
SD 5 Kuningan
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester
: VI/I
Materi
Pokok : Tentang Pilkada
Setandar Kopetensi : Menghitung luas segi banyak yang merupakan
gabungan dari duabangun datar sederhana
Kopetensi
Dasar
|
Indikator
Soal
|
Jenis
Soal
|
Ranah
Kognitif
|
No
Soal
|
.1
menghitung luas lingkaran
|
1. Disajikan
dalam kalimat perintah, bentuk soal
|
Essay
|
C4
C6
|
1-3
4-5
|
Lembar Evaluasi
Nama :
Kelas :
SOAL
Jawablah pertanyaan dibawah
ini dengan benar
1.
Diketahui jari-jari 5 cm, Tentukan luas
lingkaran
2.
Diketahui jari-jari 21 cm, Tentukan luas
lingkaran
3.
Diketahui jari-jari 16 cm, Tentukan luas
lingkaran
4.
Diketahui garis tengah 25 cm, tentukan
luas lingkaran
5.
Diketahui garis tengah 15 cm, tentukan
luas lingkaran
Kunci Jawaban
1. r = 5 cm
π =
3,14
L =
π x r2
= 3,14 x
(5 cm) = 3,14 x 10 cm = 31,4 cm
2. r = 21
cm
π =
L =
π x r2
=
x (21 cm) =
x 21
x 21 cm = 1,386 cm
3. r = 16 cm
π =
3,14
L =
π x r2
= 3,14 x (16 cm) = 3,14 x 256 cm
= 803,84 cm
4. d = 25
L
=
πd2
Π
= 3,14
L
=
x
3.14 x 25 cm x 25 cm
L
= 490,62 cm2
5. d = 15
L
=
πd2
Π
= 3,14
L
=
x
3.14 x 15 cm x 15 cm
L
= 176,62 cm2
Lembar Kerja Siswa
a. Sajikan data
diatas dalam bentuk langkah langkah hasil jawaban
b. Siswa menulis
hasil kelompok di papan tulis
Nama Kelompok :
Ketua :
Anggota :
RUBIK
Langkah-langkah
pembelajaran
1. Mengajak
siswa berdoa
2. Mengabsen
siswa
3. Mengkondisikan
siswa
4. Menanyakan
tentang pemilu dilaksanakan dalam berap tahun sekali?
|
5. Menjelaskan
tata cara tentang pelaksanaan pemilu di Indonesia
6. mempersiapkan
alat-alat yang dibutuhkan untuk
pbermain peran tentang pelaksanaan
7. Melakukan
bermain peran dan mempraktikan tentang pelaksanaan pemilu
8. Menghitung
hasil suara yang diperoleh pada saat
pemilu sudah selesai
|
9. Menyimpulkan
materi yang sudah dipelajari
10. Memberikan
pekerjaan rumah kepada siswa
11. Menutup
pelajaraan dengan membacakan doa
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar