RECANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
SD 5 Kuningan
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester :
VI/I
Alokasi Waktu :
2 X 35 Menit
A. STANDAR KOMPETENSI
2. Memahami cara
perkembangbiakan makhluk hidup
B. KOMPETENSI DASAR
2.3 Mengidentifikasi
cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan
C. INDIKATOR
1.
Menyebutkan bagian-bagian pada bunga
sepatu
2.
Mengidentifikasi bagian-bagian bunga dan
biji sebagai alat perkembangbiakan tumbuhan
3.
Menjelaskan proses penyerbukan
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
·
Melalui gambar bunga sepatu siswa dapat mengidentifikasi
bagian-bagian bunga.
·
Melalui penjelasan dari guru tentang mengidentifikasi
biji sebagai alat perkembangbiakan tumbuhan siswa dapat memahami proses
perkembangbiakan tumbuhan.
·
Melalui penjelasan dari guru tentang
proses penyerbukan siswa dapat mengetahui proses penyerbukan pada tumbuhan yang
mempunyai bunga maupun yang tidak mempunyai bunga
E.
MATERI PEMBELAJARAN
1.
Bagian-bagian bunga sepatu dan pungsinya
Berikut ini penjelasan bagian-bagian bunga dan fungsinya
masing-masing:
1. Benang sari
Pada bunga, benang sari merupakan alat kelamin jantan
tumbuhan. Benang sari akan menghasilkan serbuk sari. Benang sari akan jatuh
pada kepala putik dan terjadi pembuahan atau penyerbukan
2. Putik
Pada bagian bunga, putik sebagai alat kelamin betina
tumbuhan. Jika serbuk sari yang berasal dari benang sari menempel pada kepala
putik dan akan masuk ke dalam putik maka akan terjadi peristiwa penyerbukan.
3. Mahkota
Fungsi mahkota pada tumbuhan adalah untuk menarik serangga
agar membantu penyerbukan pada bunga.
4. Kelopak bunga
Fungsi dari kelopak bunga adalah untuk melindungi mahkota
bunga pada waktu sebelum mekar dan sesudah mahkota mekar. Selain itu kelopak
berfungsi agar kedudukan bunga atau bagian-bagian bunga kokoh dan tidak mudah
rusak seperti terkarena tiupan angin.
5. Tangkai bunga
Fungsi dari tangkai bunga adalah sebagai penghubung antara
bunga dengan ranting pohon. Selain itu tangkai berfungsi sebagai penguat agar
bunga tidak mudah patah dan tetap kuat menempel pada ranting pohon.
6. Tangkai putik
Tangkai putik berfungsi sebagai penghubung kepala putik
dengan dasar bunga.
2.
Perkembangbiakan pertumbuhan dan proses
penyerbukan
·
Pengertian
Perkembangbiakan Tumbuhan secara Generatif dan vegetatif
·
Prose
Penyerbukan pada tumbuhan dengan cara sendiri dan dibantu oleh pihak luar
·
Empat
Jenis Penyerbukan berdasarkan asal serbuk sarinya
F. METODE PEMBELAJARAN
1.
Ceramah
2.
Tanya jawab
3.
Diskusi
G.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Mengajak
siswa berdoa menurut ajaran agamanya masing-masing
2.
Mengabsen
siswa
3.
Mengkondisikan
siswa
4.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
(Apersepsi)
5.
Guru
mengajak siswa bernyanyi ”lihat kebun ku penuh dengan bunga ada yang merah
dan ada yang putih setiap hari ku siram semua mawar melati semuanya indah” (Mtivasi)
|
10
Menit
|
Inti
|
1.
Guru
membagikan gambar bunga sepatu kepada siswa
2.
Siswa
mengidentifikasi bagian-bagian bunga dan fungsinya pada gambar bunga sepatu
tersebut
3.
Guru
memberikan tanya jawab dengan siswa tentang bagian-bagian bunga spatu dan
fungsinya
3.
Guru
meenjelaskan perkembangbiakan pertumbuhan dan proses penyerbukan
4.
Guru
membagi siswa kedalam 6 kelompok, 1 kelompok terdiri dari 4-5 orang secara heterogen
5.
Guru memberikan gambar bunga melati kepada setiap kelompok untuk
mengidentifikasi bagian-bagian bunga dan fungsinya
6.
Siswa melakukan pengamatan bunga
melati
7.
Siswa mendiskusikan hasil
pengamatan.
8.
Setiap kelompok harus ada
perwakilan maju kedepan kelas untuk
membacakan hasil pengamatan yang telah dilakukan.
|
45
Menit
|
Penutup
|
1.
siswa
dan guru menyimpulkan materi yang sudah dipelajari
2.
guru
memberikan pekerjaan rumah kepada siswa
3.
guru
menutup pelajaraan dengan membacakan doa
|
15
Menit
|
H. SUMBER/ALAT PERAGA
1.
Sumber
· Buku
paket Dwi Suhartini,Isnaini Aziz Zulkaikha,Yulinda Erma Suryani bse; hal 22-23
· Internet
2.
Alat Peraga
· Gambar
bunga
I. PENILAIAN / EVALUASI
1. Prosedur
a. Penilaian Proses :
Lembaran Pengamatan Sikap
b. Penilaian Hasil Belajar : Tes tertulis (terlampir)
2. Instrumen
Penilaian
a. Penilaian Proses :
Lembar pengamatan sikap
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay terbatas dan produk
3. :Lembar
Pengamatan Siswa
Kegiatan Berdiskusi Dinilai Dengan
Rubik
Kriteria
|
Bagus
Sekali
|
Cukup
|
Berlatih
Lagi
|
Mendengarkan
|
Selalu
mendengarkan teman berbicara
3
|
Mendengarkan
teman yang berbicara namun sekali masih perlu diingatkan
2
|
Masih
perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang bebicara
1
|
Komunikasi
non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, dan suara
|
Merespon
dan menerapkan komunikasi nonverbal dengan tepat
3
|
Merespon
dengan tepat tetap komunikasi nonverbal yang ditunjukan teman
2
|
Membutuhkan
bantuan dalam memahami bentuk komunikasi nonverbal yang ditunjukan teman
1
|
Partisipasi
(menyampaikan ide, perasaan, dan pikiran)
|
Isi
pembicaraan menginspiransi teman. Selalu mendukung dan meminpin lainnya saat
berdiskusi
3
|
Berbicara
dan menerangkan secara rinci. Merespon sesuai dengan topik
2
|
Jarang
berbicara pada saat berdiskusi berlangsung
1
|
Keruntutan
berbicara
|
Menyampaikan
pendapat secara runt dari awal hingga akhir
3
|
Menyampaiakn
pendapatnya secara runtut, tetapi belum konssisten
2
|
Masih
perlu berlatih untuk berbicara secara runtut
1
|
Lembar Pengamatan Sikap
No
|
Nama
|
Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Agung Budi Wicaksono
|
||||
2
|
Aliya Fadilah Putri
|
||||
3
|
Ananda Meysa Nurachman
|
||||
4
|
Annisa Nurhaliza
|
||||
5
|
Dava Atha Nurrachman
|
||||
6
|
Deyan Adam Nuryanto
|
||||
7
|
Dhafa Rizky Pratama
|
||||
8
|
Dimas Jaya Saputra
|
||||
9
|
Febriyansyah tyrta nugraha
|
||||
10
|
Fiqry Ilham Nugraha
|
||||
11
|
Handini Dewitri
|
||||
12
|
Kaisar
|
||||
13
|
Khalisha Naila Adzar
|
||||
14
|
Maya Hasna Halifah
|
||||
15
|
Nafhan Dzikran Nugraha
|
||||
16
|
Nur Ihsan Khaerudin
|
||||
17
|
Priska Zendititisya Dewantie
|
||||
18
|
Raefhan Adzni Nurakbar
|
||||
19
|
Regita Cahyani Maulina
|
||||
20
|
Regitha Pancarani
|
||||
21
|
Dzikri Aria Fauzan
|
||||
22
|
Irvan hiryana yusuf
|
||||
23
|
Alyson Fiona
|
||||
24
|
Regitha Cahya Dewi
|
||||
25
|
Muhammad Zulfan Abrorra
|
||||
26
|
Hilma Apriliani
|
||||
27
|
Aina Almardhyah
|
||||
28
|
Nayla Turizqy Siti N
|
||||
29
|
Tama Alwan Akhfaitar
|
||||
Jumlah
|
Penilaian
: x 10 =
PEDOMAN PENILAIAN
No
|
Kriteria
|
Total
|
Nilai
Akhir
|
1
|
Penyajian Dalam Tabel
|
0-80
|
|
2
|
Pembuatan Grafik (produk)
|
0-80
|
|
Jumlah
|
Penkoran
Grafik
Kriteria Skor
|
Sesuai Dengan data
80
|
Kadang sesuai dengan data
50-70
|
Tidak sesuai dengan data
40
|
Pedoman
Penilaian
Nilai
Akhir : (skor yang diperoleh : Jumlah
skor) x 100
Catatan :
Setiap Jawaban yang benar mendapat nilai 10, Jawaban yang tidak diisi mendapat
nilai 0
KISI-KISI
SOAL
Nama
Sekolah : SD 5 Kuningan
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester
: VI/I
Materi
Pokok : Tentang Pilkada
Setandar
Kopetensi : Memahami cara perkembangbiakan makhluk hidup
Kopetensi
Dasar
|
Indikator
Soal
|
Jenis
Soal
|
Ranah
Kognitif
|
No
Soal
|
.1
Mengidentifikasi cara perkembangbiakan tumbuhan
|
1. Disajikan
dalam kalimat perintah, siswa dpat
mmembuat gambar bunga beserta bagian-bagian bunga
2. Disajikan
dalam kalimat perintah, siswa dapat mengetahui proses peenyerbukan
|
Produk
Essay
|
C4
C6
|
1-3
4-5
|
Lembar Evaluasi
Nama :
Kelas :
Petunjuk
Isilah pertanyaan
dibawah ini
Soal
1.
Amati gambar dibawah ini, lalu sebutkan bagian-bagian
bunga dan fungsinya
Kunci Jawaban
1. bagian
bagian bunga
·
fungsi bagian bagian bungaKelopak bunga
: Fungsi dari kelopak
bunga adalah untuk melindungi mahkota bunga pada waktu sebelum mekar dan
sesudah mahkota mekar. Selain itu kelopak berfungsi agar kedudukan bunga atau
bagian-bagian bungat kokoh dan tidak mudah rusak seperti karena tiupan angin. 2
·
Mahkota bunga : Fungsi mahkota pada
tumbuhan adalah untuk menarik serangga agar membantu penyerbukan pada bunga. Warna
pada mahkota sangat mencolok. Dan pada bunga terdapat nektar atau madu yang
biasa dihisap oleh serangga seperti kupu-kupu. 2
·
Putik : Jika serbuk sari yang berasal dari benang
sari menempel pada kepala putik dan akan masuk ke dalam putik maka akan terjadi
peristiwa penyerbukan. 2
·
Benangsari : benang sari
merupakan alat kelamin jantan tumbuhan. Benang sari akan menghasilkan serbuk
sari. Benang sari akan jatuh pada kepala putik dan terjadi
pembuahan/penyerbukan. 2
·
Tangkai bunga : sebagai penghubung
antara bunga dengan ranting pohon. Selain itu tangkai berfungsi sebagai penguat
agar bunga tidak mudah patah dan tetap kuat menempel pada ranting pohon. 2
Lembar Kerja Siswa
a. sajikan data
diatas dalam bentuk uraian
b. siswa
mempersentasikan hasil kelompok
c. setiap kelompok
yang tidak persentasi menanya kepada kelompo yang persentasi
Nama Kelompok :
Ketua :
Anggota :
Rubik
Langkah-langkah
pembelajaran
1.
Mengajak
siswa berdoa
6.
Mengabsen
siswa
7.
Mengkondisikan
siswa
8.
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
9.
Mengajak
siswa bernyanyi ”lihat kebun ku penuh dengan bunga ada yang merah dan ada
yang putih setiap hari ku siram semua mawar melati semuanya indah”
|
10. Membagikan gambar bunga sepatu
kepada siswa
11. Mengidentifikasi bagian-bagian
bunga dan fungsinya pada gambar bunga sepatu tersebut
12. Memberikan tanya jawab tentang
bagian-bagian bunga spatu dan fungsinya
13. Menjelaskan perkembangbiakan
pertumbuhan dan proses penyerbukan
14. Membagi siswa kedalam 6 kelompok, 1 kelompok terdiri
dari 4-5 orang secara heterogen
15. Memberikan gambar bunga melati kepada setiap kelompok untuk
mengidentifikasi bagian-bagian bunga dan fungsinya
16. Melakukan
pengamatan bunga melati
17. Mendiskusikan
hasil pengamatan.
18. perwakilan
satu orang maju kedepan kelas untuk membacakan hasil pengamatan yang telah
dilakukan.
|
19. Menyimpulkan materi yang sudah
dipelajari
20. Memberikan pekerjaan rumah
kepada siswa
21. Menutup pelajaraan dengan
membacakan doa
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar